Search :

Advance


PERBEDAAN STATUS FUNGSIONAL PASIEN STROKE ISKEMIK DAN STROKE HEMORAGIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Noviana Husdayanti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Stroke adalah suatu defisit neurologis yang ditandai dengan kerusakan sistem saraf pusat (SSP) yang bersifat akut dan fokal yang disebabkan oleh kelainan vaskular, terdiri dari stroke iskemik dan stroke hemoragik, dan merupakan penyebab utama terjadi kecacatan di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan status fungsional pasien stroke iskemik dan stroke hemoragik di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross-sectional. Metode pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dan dilaksanakan pada bulan November-Desember 2016. Status fungsional dinilai dengan menggunakan kuisioner Barthel Index. Dari hasil penelitian didapatkan 44 responden yang terdiri dari 23 orang laki-laki (52,3%) dan 21 orang perempuan (47,7%), pasien laki-laki dominan mengalami stroke hemoragik yaitu 52,2%, sedangkan mayoritas pasien perempuan mengalami stroke iskemik yaitu 52,4%. Mayoritas responden berusia 56-65 tahun, stroke hemoragik dominan terjadi pada kelompok usia ≤ 45 tahun sebanyak 83,3%. Berdasarkan faktor komorbid, pasien stroke hemoragik paling banyak mengalami hipertensi yaitu sebesar 56,4%, sedangkan pasien stroke iskemik paling banyak memiliki penyakit diabetes melitus dan penyakit jantung. Nilai rata-rata Barthel Index stroke iskemik adalah 44,77, sedangkan stroke hemoragik 12,95. Hasil analisis menggunakan uji t tidak berpasangan didapatkan p value < 0,001 (p < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan status fungsional yang bermakna antara pasien stroke iskemik dan stroke hemoragik yang mana status fungsional stroke iskemik lebih baik secara bermakna dibandingkan stroke hemoragik. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan status fungsional yang bermakna antara pasien stroke iskemik dan stroke hemoragik di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Kata kunci: stroke iskemik, stroke hemoragik, status fungsional

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN DERAJAT INSOMNIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN STATUS KOGNITIF PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DAN STROKE HEMORAGIK (Ivana Maulidia, 2015)

PERBANDINGAN LIPID PROFILE PADA PASIEN STROKE HEMORAGIK DAN STROKE ISKEMIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Aufa Irsyada, 2014)

PERBEDAAN STATUS KOGNITIF BERDASARKAN MONTREAL COGNITIVE ASSESSMENT PADA PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK DAN STROKE HEMORAGIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Mutia Aprilia Ningsih, 2015)

PERBEDAAN LINGKAR PINGGANG DAN RASIO LINGKAR PINGGANG PANGGUL PASIEN STROKE ISKEMIK DAN HEMORAGIK (Winny Hafnizar, 2017)

HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN, OLAHRAGA DAN MEROKOK DENGAN TERJADINYA STROKE HEMORAGIK DAN ISKEMIK DI RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Hikmat Satria, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.