Search :

Advance


HUBUNGAN TINGKAT DEPRESI DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN KANKER OVARIUM YANG SEDANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUDZA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ghina Akmalia - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Kanker ovarium merupakan penyakit yang sangat agresif karena angka ketahanan hidup yang sangat rendah dan angka kekambuhan yang tinggi, keadaan ini memberi dampak psikologis yang kuat bagi pasien salah satunya depresi. Kualitas hidup adalah konsep multidimensional yang mengacu pada keadaan fisik, emosional, dan kesejahteraan sosial pasien yang dipengaruhi oleh kondisi medis dan pengobatan yang dijalani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat depresi dengan kualitas hidup pasien kanker ovarium yang sedang menjalani kemoterapi di RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Penilaian derajat depresi menggunakan kuesioner BDI-II dan untuk kualitas hidup menggunakan kuesioner EORTC QLQ-C30. Data selanjutnya dianalisis dengan uji statistik Spearman Correlation. Hasil analisa data diperoleh nilai p = 0.000 (p≤0,05), dengan r hitung pada rank correlation bernilai -0,834. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat depresi dengan kualitas hidup pasien kanker ovarium yang sedang menjalani kemoterapi di RSUDZA Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN KANKER TELINGA, HIDUNG, DAN TENGGOROK, KEPALA, LEHER (THT-KL) YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI BLUD RSUDZA (Sutrisno Habibi Lbs, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT DEPRESI DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN KANKER PAYUDARA YANG SEDANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (seri mellis yulita, 2014)

GAMBARAN TINGKAT DEPRESI, KECEMASAN DAN STRESRNPADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI BLUD - RSUDZA BANDA ACEH (Putri Novrisa, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KEMOTERAPI KANKER PAYUDARA DENGAN LEUKOSIT DI RUANG RAWAT INAP KEMOTERAPI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (GHINA KHALISHAH, 2017)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rozalia Zainab, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.