Search :

Advance


INISIASI GERAKAN DARUL ISLAM/ TENTARA ISLAM INDONESIA (DI/TII) ACEH TAHUN 1950-1953 DALAM PERSPEKTIF PERGERAKAN SOSIAL

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Junian Hijry Minarva - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berkaitan dengan Inisiasi Gerakan Darul Islam/ Tentara Islam Indonesia (DI/TII) Aceh pada tahun 1950-1953 dalam perspektif pergerakan sosial . Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui tahapan inisiasi gerakan DI/TII di Aceh tahun 1950-1953 dalam perspektif pergerakan sosial. Penyusunan skripsi ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik studi dokumentasi kepustakaan yang bersumber dari berbagai buku bacaan serta wawancara untuk mendapatkan data di lapangan, dan penelitian ini mengunakan teknik snowball sampling dalam penentuan informan. Hasil dari peneitian menunjukkan bahwa kelompok PUSA, ialah kelompok yang sangat dirugikan dari kebijakan-kebijakan Pemerintah Pusat pada awal tahun 1950-1953, Seperti dihilangkannya status provinsi Aceh, Rasionalisasi Kesatuan Militer Aceh dan Razia pada bulan Agustus 1951. Kebijakan tersebut mengancam kedudukan mereka sebagai pemimpin Aceh pada masa itu. Kebijakan-kebijakan Pemerintah Pusat tersebut juga diprovokasikan oleh kelompok “sisa-sisa feodal” yang tidak menginginkan kepemimpin Aceh dikuasai oleh kelompok PUSA. Pada Tahun 1951-952 kebijakan Pemerintah Pusat semakin berdampak buruk bagi mayoritas masyarakat Aceh. Kelompok PUSA terus melakukan upaya penolakan terhadap kebijakan itu, mulai dari penanaman ideologi dan doktrin melalui retorika dalam rapat rahasia maupun rapat terbuka, sampai pada pengorganisasian masyarakat demi melawan Pemerintah Pusat beserta kebijakannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Kelompok PUSA melihat bahwa dampak dari kebijakan Pemerintah Pusat tidak hanya merugikan mereka saja, namun juga masyarakat Aceh secara luas. Indikasi tersebut memberikan kesempatan waktu dan juga kondisi bagi kelompok PUSA untuk mengarahkan emosi masyarakat kepada perlawanan secara kolektif untuk melawan institusi yang mapan yaitu Pemerintah Pusat. Sebagaimana tipe Gerakan Sosial yang diuraikan William Kornblum, Gerakan Sosial berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, Gerakan DI/TII Aceh merupakan Revolutionary Movement (Gerakan Revolusioner) yang bertujuan untuk mengubah tatanan sosial, institusi dan stratifikasi masyarakat Aceh secara menyeluruh. Kata Kunci : Gerakan DI/TII Aceh, Gerakan Sosial Junian Hijry Minarva 2017 ABSTRAK INISIASI GERAKAN Darul Islam/ Tentara Islam Indonesia (DI/ TII) ACEH TAHUN 1950-1953 DALAM PERSPEKTIF PERGERAKAN SOSIAL Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala Bukhari, MHSc (ix,79 ),pp,bilb,app

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS UNSUR CINTA DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA (Nisrina Zahara, 2017)

ETIKA KOMUNIKASI BISNIS ANTARA PENJUAL DENGAN PEMBELI MENURUT PERSPEKTIF ISLAM(STUDI KASUS PENJUAL BUSANA DI KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH) (Mirza Fuadi, 2015)

PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN DARUL MUTA’ALLIMIN KECAMATAN GUNUNG MERIAH KABUPATEN ACEH SINGKIL TAHUN 1962-2014 (KASMAR, 2015)

PEMIKIRAN POLITIK TEUNGKU MUHAMMAD DAUD BEUREUEH TENTANG KONSEP NEGARA ISLAM ACEH (MUNAWIR, 2014)

COMPARATIVE PERFORMANCE OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY OF ISLAMIC AND CONVENTIONAL BANKS IN INDONESIA PERIOD OF 2011-2015 (Fauziah Aida Fitri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.