//

HUBUNGAN PENYAKIT PARU OBSTRUKSI KRONIK (PPOK) TERHADAP RISIKO OBSTRUCTIVE SLEEP APNEA (OSA) DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zati Hasyyati Ali - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK) adalah suatu penyakit dimana terjadinya hambatan udara pada saluran pernapasan yang akan meningkatkan respon inflamasi. Tingkat kekambuhan PPOK akan menyebabkan perburukan kualitas hidup pasien. Di Indonesia, angka kejadian PPOK sebesar 3,7% menjadikan PPOK penyakit kedua terbanyak setelah asma. Beberapa penelitian menunjukkan dimana pasien PPOK mengalami Obstructive Sleep Apnea (OSA) secara bersamaan, yang dapat meningkatkan angka komorbiditas dan mortalitas pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK) terhadap risiko Obstructive Sleep Apnea (OSA) di Poliklinik Paru RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini bersifat analitik observational dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel secara accidental sampling, didapatkan 30 responden yang menderita PPOK di Poliklinik Paru RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan cara mewawancarai responden PPOK menggunakan Kuesioner Berlin. Data diuji dengan menggunakan uji Mann-Whitney dengan nilai p value

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAMA PERAWATAN PASIEN PPOK TERHADAP PERBAIKAN FUNGSI PARU DI RUANG RAWAT INAP PARU RSUDZA BANDA ACEH (Evans Rizqan Hendrawan, 2016)

HUBUNGAN DERAJAT SESAK NAPAS DENGAN DEPRESI DAN KUALITAS HIDUP SERTA DEPRESI DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK (PPOK) DI RSUDZA BANDA ACEH (Telavani Umri, 2018)

HUBUNGAN DERAJAT OBSTRUKSI DAN FREKUENSI EKSASERBASI AKUT DENGAN STATUS GIZI PADA PENDERITA PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (Maulidita RIzki Putri, 2014)

HUBUNGAN DERAJAT OBSTRUKSI PPOK DENGAN SIX MINUTE WALK TEST PADA PASIEN PPOK STABIL DI POLI PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Tri Utomo, 2015)

FAKTOR RISIKO TERJADINYA PENYAKIT PARU OBSTRUKSI KRONIK DI RUANG RAWAT INAP RNPARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (yusniar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy