Search :

Advance


IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DAN GURU BIOLOGI PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lyanda Fitriani Chaniarosi - Personal Name
Subyek TEACHING METHODS
REPRODUCTIVE SYSTEM
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Lyanda Fitriani Chaniarosi, S.Pd, Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Guru Biologi Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri Kota Banda Aceh. Pembimbing I. Dr. Abdullah, M.Si, Pembimbing II. Dr. Khairil, M.Si. ABSTRAK Miskonsepsi dapat terjadi pada beberapa konsep dalam pembelajaran, salah satunya terhadap konsep sistem reproduksi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada tidaknya miskonsepsi, mengetahui sub konsep yang dimiskonsepsikan dan faktor utama penyebab terjadinya miskonsepsi padasiswa dan guru biologi tingkat SMA.Penelitian ini dilaksanakan di SMANegeri Kota Banda Aceh yang terdiri dari 4 sekolah yang dipilih secara random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa dan 8 guru biologi kelas XI IPA.Sub konsep yang diuji sebanyak 6 sub konsep. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yaitu kajian yang menyelidiki responden siswa dan guruberdasarkan pemahaman konsep. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes certainty of respons index (CRI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada semua kelompok sub konsepyaitu struktur dan fungsi organ reproduksi (26,77%); pembentukan gamet (26,86%); ovulasi (27,60%); menstruasi (30,40%); fertilisasi, gestasi, persalinan, dan laktasi (25,42%); serta kelainan organ reproduksi (21%), sedangkan guru mengalami miskonsepsi pada 4 sub konsepyaitu pembentukan gamet (2,98%); ovulasi (7,50%); menstruasi (22,50%); fertilisasi, gestasi, persalinan, dan laktasi (14,58%). Dari sub konseptersebut, persentase miskonsepsi tertinggi yang terjadi pada siswa dan guru terdapat pada kelompok subkonsep menstruasi. Faktor utama penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa dan guru bersumber dari pemikiran sendiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa dan guru biologi kelas XI IPA SMA Negeri Kota Banda Aceh teridentifikasi mengalami miskonsepsi pada konsep sistem reproduksi manusia terutama pada sub konsep menstruasi. Kata kunci: Miskonsepsi, Certainty of Respons Index (CRI), Sistem Reproduksi Manusia.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI IPA SMA UNGGUL ALI HASJMY KABUPATEN ACEH BESAR (Rizki Ramadhani, 2016)

ANALISIS MISKONSEPSI GURU DAN BUKU TEKS BIOLOGI KELAS XI SMAN PADA MATERI SISTEM SARAFRN DI KABUPATEN NAGAN RAYA (IRMA HIDAYATI, 2014)

ANALISIS MISKONSEPSI BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BACA SISWA PADA KELAS XI SMAN DI KOTA BANDA ACEH (Nurul Fajriana, 2016)

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEPRNDAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWARNPADA KONSEP SISTEM REPRODUKSIRN MANUSIA DI SMA NEGERI 2 SIGLI (AZHARI, 2015)

ANALISIS DAN UPAYA MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA MELALUI PENGEMBANGAN MODUL DAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMAN 5 KOTA BANDA ACEH (Cut Ratna Dewi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.