Search :

Advance


HUBUNGAN USIA TERHADAP PENINGKATAN GEJALA DEPRESI PADA PASIEN PASCA-STROKE ISKEMIK DI RUMAH SAKIT UMUM DOKTER ZAINOEL ABIDIN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITRY QURRATAINI - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Stroke iskemik merupakan penyakit dengan morbiditas dan mortalitas terbanyak didunia. Dampak yang paling sering terjadi pada 30% pasien pasca stroke iskemik adalah Depresi Pasca Stroke (PSD). Tinggi dan rendahnya kejadian depresi yang ditimbulkan oleh stroke iskemik tergantung oleh faktor resiko, salah satunya yaitu usia. Usia merupakan salah satu prediktor terkuat dalam proses kematangan mental dalam menghadapi proses suatu penyakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat hubungan antara usia terhadap peningkatan gejala depresi pada pasien pasca stroke iskemik. Metode yang digunakan adalah cross sectional dengan teknik consecutive sampling, dilakukan pada 40 responden pasca stroke iskemik yang dalam masa rawatan 2 minggu sampai dengan 6 bulan. Derajat depresi dinilai dengan menggunakan kuesioner Beck Depression Inventory II (BDI-II) dan usia menggunakan standar Departemen Kesehatan Republik Indonesia yang telah dimodifikasi. Hasil yang didapatkan 26 responden (65,0%) memiliki gejala depresi dan 14 responden (35,0%) lainnya tidak memiliki gejala depresi, dengan kelompok usia yang paling dominan memiliki gejala depresi adalah lansia (50,0%) selanjutnya manula (35,7%) dan dewasa (14,3%) merupakan persentase yang paling kecil untuk timbulnya gejala depresi. Dari data statistik menggunakan uji korelasi spearman didapatkan nilai p=0,034. Jadi, terdapat hubungan usia terhadap peningkatan gejala depresi pada pasien pasca stroke iskemik di RSUDZA Banda Aceh. Kata kunci: Stroke Iskemik, Depresi, Usia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA LUAS LESI INFARK DAN SINDROM DEPRESI PADA PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Umi Hazzar Nasution, 2016)

GAMBARAN GEJALA DEPRESI DAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PASCA STROKE DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (NABILA MAGHFIRA, 2015)

GAMBARAN PENGETAHUAN PERAWAT DALAM MENINGKATKANRNKUALITAS HIDUP PASIEN STROKE ISKEMIKRNDI RUMAH SAKIT UMUM DAERAHRNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2014 (NANDA SYLVIA, 2014)

GAMBARAN DEPRESI PADA PASIEN PASCA STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ulyana Fazil, 2014)

PERBANDINGAN JENIS STROKE TERHADAP POLA TIDUR PADA PASIEN STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (Evira Agustina Putri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.