//

PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH OLEH SISWA DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH.COMPRESSED

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muntazir - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Muntazir. 2016. Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah oleh Siswa SMP Negeri di Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. M. Husen, M.Pd, (2) Nurbaity, S.Pd., M.Ed Kata kunci: Tata Tertib Sekolah Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah oleh Siswa SMP Negeri di Kota Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan gambaran pelaksanaan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi siswa dalam menjalankan tata tertib sekolah di SMP Negeri Kota Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di tiga SMP Negeri yaitu SMP Negeri 1 Banda Aceh, SMP Negeri 4 Banda Aceh, dan SMP Negeri 18 Banda Aceh dengan jumlah populasi siswa kelas dua dan tiga 1.046 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan derajat 5% yaitu sebanyak 289. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner model skala likert dan wawancara sebagai pendukung dalam mengumpulkan data pada siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan tata tertib sekolah oleh siswa memiliki kategori sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah jawaban responden 213 atau sebesar 73,9% dalam hitungan persentase disebut sebagian besar. Sedangkan siswa yang baik memiliki jumlah responden 74 atau 25,7% disebut sebagian kecil, siswa yang kurang baik memiliki jumlah responden 1 atau 0,35% disebut sedikit sekali dan tidak ada siswa pada kategori tidak baik. Sementara dilihat dari kendala yang dihadapi siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah dari faktor internal terdapat siswa pada kategori tidak baik berjumlah 12 atau 4,2% dan pada kategori kurang baik berjumlah 2 atau 0,7% disebut sedikit sekali. Selanjutnya dari faktor eksternal terdapat siswa pada kategori tidak baik berjumlah 6 atau 2,0% dan pada kategori kurang baik berjumlah 2 atau 0,7% disebut juga sedikit sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa taraf pelaksanaan tata tertib sekolah oleh siswa SMP Negeri di Kota Banda Aceh berada pada kategorisasi sangat baik atau disebut sebagian besar dan sedikit sekali siswa yang masih mempunyai kendala dalam pelaksanaan tata tertib sekolah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAYANAN SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH (STUDI PADA SISWA SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH). SKRIPSI. JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS SYIAH KUALA. (DESI ULANDARI, 2018)

IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR (Elfi Yati Berutu, 2018)

HUBUNGAN TINGKAT PEMAHAMAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN PELAKSANAAN TATA TERTIB DI SMA NEGERI 1 UNGGUL BAITUSSALAM ACEH BESAR (nurul fazilah, 2015)

UPAYA GURU DALAM MENGATASI PERILAKU SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH DI MAN 3 BANDA ACEH (Leni Astika, 2017)

UPAYA GURU BK DALAM MENANGANI SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI TAKENGON) (Raihan Fitri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy