Search :

Advance


STUDI FENOMENOLOGI FAKTOR BUDAYA DALAM PERAWATAN IBU NIFAS DI KECAMATAN TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Inong Sri Rahayu - Personal Name
Subyek PUERPERIUM - OBSTETRICS
CHILDBIRTH - CUSTOMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Keperawatan
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

STUDI FENOMENOLOGI FAKTOR BUDAYA DALAM PERAWATAN IBU NIFAS DI KECAMATAN TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA Oleh: Inong Sri Rahayu Nim. 14092001800014 Komisi Pembimbing Dr. Drs. Mudatsir. M.Kes Dr. Dra. Kartini Hasballah, Ms. Apt ABSTRAK Latar Belakang: Di Aceh masih banyak para ibu melakukan perawatan nifas berdasarkan budaya dan adat istiadat khususnya di Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Budaya atau kebiasaan merupakan salah satu yang mempengaruhi status kesehatan dari perawatan nifas yang dilakukan.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi secara mendalam pengalaman ibu, manfaat, dan adat-istiadat dalam perawatan nifas di Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara Metode Penelitian: Sebuah studi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif dilakukan dengan wawancara mendalam pada 10 orang partisipan yang didapatkan dengan purposive sampling. Transkripsi dianalisis dengan menggunakan content analisis untuk mengidentifikasi kategori dan tema. Hasil: Penelitian ini menemukan pengalaman dalam perawatan nifas Madeung, Kusuk, pantang makan, dan minum ramu- ramuan proses atau cara, intensitas, durasi ,frekuensi dan manfaat dari melakukan perawatan nifas. Manfaat perawatan nifas meliputi KB tradisional, kulit menjadi cantik dan bersih, serta badan menjadi kurus. Adat istiadat dalam perawatan nifas merupakan bagian dari tradisi, keturunan dan budaya dari daerah setempat. Kesimpulan dan saran: Dimanapun mereka berada, akan ada adat istiadat tersendiri dari daerah yang sudah menjadi bagian dari budaya dalam perawatan nifas. Budaya tersebut dapat dilakukan dengan dimodifikasi atau diubah dalam praktik keperawatan tradisional yang dapat mempengaruhi terhadap budaya prilaku hidup sehat Kata Kunci: Pengalaman ibu, manfaat dan adat-istiadat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODAL DAN JUMLAH TENAGA KERJA TERHADAP USAHA PISANG SALE DI KECAMATAN TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA (Rozatul Jannah, 2015)

EVALUASI KEMAMPUAN MENYUDUL BOLA (HEADING) DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA MURID SD NEGERI 19 TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Nazaruddin, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT KEBERSIHAN DIRI (PERSONAL HYGIENE) DENGAN STATUS GIZI SISWA SD NEGERI 6 TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA (Melda, 2013)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASALAH GIZI PADA IBU NIFAS DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BANDA ACEH TAHUN 2012 (RIKA ANDRIANY, 2014)

PEMANFAATAN TANAMAN HIAS OLEH MASYARAKAT DI KECAMATAN TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA (Khairunnisa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.