Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HUKUM NEWTON DAN PENERAPANNYA DI SMAN 1 INGIN JAYA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desy Mawaddah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Model pembelajaran generatif, metode demonstrasi, dan hasil belajar Penelitian yang berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Hukum Newton dan Penerapannya Di SMAN 1 Ingin Jaya” ini bertujuan untuk melihat bagaimana hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran generatif dengan menggunakan metode demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMAN 1 Ingin Jaya tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif dimana data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode statistik dan dijelaskan kembali menggunakan kata. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data penelitian yaitu tes, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelolaan pembelajaran, dan lembar respon siswa terhadap kegiatan PBM dengan menerapkan model pembelajaran generatif dengan menggunakan metode demonstrasi. Keempat instrumen dianalisis menggunakan uji persentase. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif dengan menggunakan metode demonstrasi terbukti meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-1 di SMAN 1 Ingin jaya baik secara individual maupun klasikal, aktivitas guru dan siswa dengan penerapan model pembelajaran generatif dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif dengan menggunakan metode demonstrasi menunjukkan peningkatan secara berturut-turut dari siklus I hingga siklus III, dan respon siswa terhadap model pembelajaran generatif dengan menggunakan metode demonstrasi selama tiga siklus adalah positif. Ini menunjukkan bahwa siswa senang dengan kegiatan belajar mengajar, menganggap model pembelajaran ini termasuk hal yang baru, dan berminat untuk mengikuti pembelajaran. Berhubung model pembelajaran generatif dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hukum newton dan penerapannya, maka disarankan agar dapat digunakan untuk materi lainnya yang relevan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TW) PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (Fanilawati, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DENGAN PENDEKATAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (FITRIANI, 2015)

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI LAMBUNOT JAYA ACEH BESAR (Susilawati, 2013)

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (Rafika Listhia, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATIONRNPADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMANRNSOSIAL BUDAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWARNKELAS IV SDN 1 JAYA ACEH JAYA (Risa soraya, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.