Search :

Advance


KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PADA SMK NEGERI 2 SIGLI KABUPATEN PIDIE

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farizal Hadi - Personal Name
Subyek TEACHER QUALIFICATIONS
HEAD TEACHERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMK 2 SIGLI KABUPATEN PIDIE Oleh: Farizal Hadi NIM: 1109200050023 Komisi Pembimbing : 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd. ABSTRAK Kepala sekolah sebagai edukator memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, strategi kepala sekolah, dan faktor-faktor yang mempengaruhi serta kendala yang dihadapi kepala sekolah sebagai edukator dalam meningkatkan kompetensi guru di SMK 2 Sigli Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program kepala sekolah sebagai edukator dalam meningkatkan kompetensi guru meliputi pembinaan dan bimbingan kepada guru dalam proses pembelajaran, melakukan pembinaan, bimbingan mental dan moral guru, memberikan dorongan dan motivasi kepada guru; (2) Strategi kepala sekolah sebagai edukator dalam meningkatkan kompetensi guru adalah dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya tugas sehingga timbul kesadaran sendiri untuk melakukan tugas dengan baik. Menghadapi guru-guru, biasanya kepala sekolah selalu bersikap menganggap guru sebagai mitra kerja, sehingga kepala sekolah bisa bermusyawarah, berdiskusi, bertukar pikiran dengan guru-guru sehingga menemukan satu cara efektif untuk meningkatkan kompetensi guru; (3) Faktor yang ikut mempengaruhi kepala sekolah sebagai edukator, diantaranya, komitmen guru terhadap tugas yang diberikan oleh kepala sekolah, penegakan disiplin dan keteladanan kepala sekolah; dan (4) Kendala yang dihadapi kepala sekolah sebagai edukator adalah kurangnya tanggung jawab guru dalam melaksanakan tugasnya dan kurang maksimal dalam pembagian kerja. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Edukator, dan Kompetensi Guru.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (NURHAYATI LINDA SARI, 2016)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PADA SMP NEGERI 2 SIMEULUE TIMUR (Karina Purwanti, 2014)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 2 SIGLIRNKABUPATEN PIDIE (MARJUANI, 2015)

STUDI KOMPARATIF KINERJA GURU BIOLOGI YANG BELUM SERTIFIKASI DENGAN GURU BIOLOGI YANG SUDAH SERTIFIKASI PADA SMA NEGERI RAYON 01 KABUPATEN PIDIE (M. Nasir, 2015)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU PADA SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (AMIRUDDIN, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.