Search :

Advance


HUBUNGAN DIABETES MELLITUS DAN NON DIABETES MELLITUS DENGAN SURVIVAL RATE PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH PERIODE 2011-2015

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Fitria - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Latar Belakang: Gagal ginjal kronik merupakan masalah kesehatan dunia yang penting untuk diperhatikan, karena prevalensinya terus meningkat dengan cepat. Pasien gagal ginjal kronik membutuhkan terapi pengganti ginjal agar dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya (survival rate), salah satu terapi pengganti ginjal adalah hemodialisis. Penyebab gagal ginjal kronik seperti diabetes dan non-diabetes merupakan faktor penting yang berhubungan dengan survival rate pasien yang menjalani terapi hemodialisis. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan diabetes dan non-diabetes dengan survival rate pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisis. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Data diperoleh dari rekam medik penderita yang menjalani terapi hemodialisis di RSUDZA Banda Aceh periode 2011-2015. Teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling, dengan jumlah sampel 92 orang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan chi-square atau bila tidak terpenuhi persyaratan, maka uji dengan Fisher’s Exact Test. Hasil: Secara statistikdari hasil uji Chi-Square dengan uji alternatif Fisher’s Exact Test menunjukkan bahwa nilai p value=0,000 (

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN POLA MAKAN, USIA, DAN GENETIK DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD MEURAXA BANDA ACEH (M. Alfajri, 2017)

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Maya Zahara, 2015)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN SKOR MINI-MENTAL STATE EXAMINATION (MMSE) PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Cut Nadhira Mazaya, 2016)

HUBUNGAN HIPERTENSI DAN DIABETES MELLITUS DENGAN HIPERTROFI VENTRIKEL KIRI PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS KRONIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Lilis Fazriah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.