//

HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASET LEARNING (PBL) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jumratul Aini - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aini, Jumratul. 2016. Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Fajar Harapan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Baset Learning (PBL) Pada Materi Relasi dan Fungsi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syah Kuala. Pembimbing: Dra. Suryawati, M.Pd., (2) Khairul Umam, M.Ed,Sc. Kata kunci : Hasil Belajar, Prablem Based Learning (PBL) Matematika perlu diajarkan pada setiap jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Dengan belajar, manusia melakukan perubahan untuk memperoleh suatu hasil belajar. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki sisiwa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Pembelajaran berbasis masalah dikenal dengan Problem Based Learning (PBL) adalah strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana siswa mengkolaborasikan pemecahan masalah autentik dengan pengalaman sehari-hari. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL (Problem Baset Learning) dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi Relasi dan fungsi di Kelas X SMA Negeri 10 Fajar Harapan Tahun Pelajaran 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melaui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi relasi dan fungsi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIPA SMA Negeri 10 Fajar Harapan, sedangkan sampel diambil satu kelas yaitu kelas X-MIPA1 SMA Negeri 10 Fajar Harapan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar setelah melakukan pembelajaran yang diterapkan model Problem Based Learning (PBL), Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α=0,05 dan derajat kebebasan dk=27, di peroleh t tabel = 2,19 dan t hitung = 1,70. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 10 Fajar Harapan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi relasi dan fungsi tahun ajaran 2016/2017 dapat mencapai ketuntasan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATERI RELASI DAN FUNGSI BAGI SISWA KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH (DECY PRAMITA SARI YUSNA, 2015)

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM (Cut Eka Parasamya, 2017)

PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS X SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH (hasnidar, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) PADA MATERI MINYAK BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (nurul husna, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy