Search :

Advance


HUBUNGAN ANTARA GEJALA DEPRESI DENGAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI LANJUT USIA DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Qurratu Aini Azkia - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hipertensi pada lansia merupakan salah satu penyakit degeneratif yang dapat mempengaruhi kondisi fisiologi, psikologi, dan sosial. Jika hipertensi tidak tertangani dengan baik maka dapat memperburuk tekanan darah. Gejala depresi, penyakit penyerta, mekanisme koping, dan dukungan keluarga dapat mempengaruhi tekanan darah penderita hipertensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara gejala depresi, adanya penyakit penyerta, mekanisme koping, dan dukungan keluarga dengan tekanan darah pada penderita hipertensi pasien lanjut usia di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Zainoel Abidin dengan menggunakan data primer berupa pengukuran tekanan darah dan wawancara terpimpin kepada penderita hipertensi, dan data sekunder yaitu rekam medis pada bulan November 2016. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik quota sampling selama 1 bulan, didapatkan 60 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian ini menunjukkan kejadian depresi (40 %), adanya penyakit penyerta ( 76,6 %), mekanisme koping baik ( 63,4 %), dan dukungan keluarga baik ( 78,3 %). Hasil analisis dengan uji chi square menunjukkan terdapat hubungan antara depresi dengan tekanan darah(p = 0,008), tidak terdapat hubungan antara adanya penyakit penyerta dengan tekanan darah (p = 0,069), terdapat hubungan antara mekanisme koping dengan tekanan darah (p = 0,005), dan terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan tekanan darah (p = 0,049). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada lansia untuk mengurangi kejadian depresi dan mengontrol tekanan darah secara rutin sehingga dapat mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut. Kata Kunci : Lanjut usia, hipertensi, tekanan darah, depresi, penyakit penyerta, mekanisme koping, dukungan keluarga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KESTABILAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLI JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Halbar August Kanda, 2014)

HUBUNGAN OVERWEIGHT DENGAN OSTEARTRITIS DIPOLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUDZA BANDA ACEH (Topan Ardian, 2015)

HUBUNGAN POLIFARMASI, INFORMASI DAN KEMASAN OBAT TERHADAP KEPATUHAN RNMINUM OBAT PADA LANJUT USIA RNDENGAN HIPERTENSI DI RUMAH RNSAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Teuku Harmawansyah, 2014)

TINGKAT GEJALA DEPRESI PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nanda Nurul Maulana, S.Ked, 2014)

HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN MOTIVASI MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Asthi Keshia, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.