Search :

Advance


PENGARUH KONSUMSI KOPI TERHADAP POLA TIDUR PADA WANITA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NADIA ANISAH RIZAR - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Kopi adalah minuman yang berasal dari pengolahan biji tanaman kopi. Kopi mengandung suatu senyawa yaitu kafein, yang memiliki efek menginhibisi kantuk dan mempengaruhi proses tidur. Penelitian ini adalah sebuah studi pendahuluan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi kopi terhadap pola tidur, yaitu terjadinya keterlambatan tidur, terbangun dalam tidur dan bangun tidur lebih cepat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan Post test only with group control. Subjek penelitian dibagi dalam 2 kelompok yaitu 1 kelompok perlakuan dan 1 kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing 10 subjek. Kelompok perlakuan adalah kelompok yang diberi minum kopi hitam sebanyak 150 ml satu kali pada pukul 19.00. Kelompok kontrol sebagai pembanding. Parameter yang dinilai adalah keterlambatan tidur, frekuensi terbangun dalam tidur dan bangun tidur lebih cepat. Data dianalisis dengan menggunakan uji mann whitney dengan indeks kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan: keterlambatan tidur pada kelompok kontrol dan perlakuan (0,1 ± 0,2 jam vs 3,1 ± 1,7 jam; p=0,000), frekuensi terbangun dalam tidur pada kelompok kontrol dan perlakuan (0,1 ± 0,3 kali/malam vs 1,0 ± 1,2 kali/malam; p=0,044), bangun tidur lebih cepat pada kelompok kontrol dan perlakuan (0,2 ± 0,4 jam vs 0,3 ± 0,7 jam; p=0,914). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh konsumsi kopi terhadap keterlambatan tidur dan frekuensi terbangun dalam tidur, namun tidak ada pengaruh terhadap bangun tidur lebih cepat. Kata Kunci : Kopi, Kafein, Tidur, Pola tidur

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KONSUMSI KOPI TERHADAP KUALITAS TIDUR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2012 (Putri Novian Zahra, 2016)

HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN POLA TIDUR PERAWAT PELAKSANA DI RUANG INTENSIVE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Riska Fittria, 2014)

HUBUNGAN POLA TIDUR DAN RIWAYAT ALERGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH (Syabaniah Sekedang Mejile, 2016)

HUBUNGAN POLA STRUKTUR PRISMA DAN KONSENTRASI FLUOR PADA PERMUKAAN EMAIL SETELAH PAPARAN KOPI DAN TEH (RINI MAULIDA, 2016)

HUBUNGAN KONSUMSI KOPI DENGAN DERAJAT MASTALGIA DI KLINIK ONKOLOGI BANDA ACEH (NUR ADIBA PURBA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.