Search :

Advance


HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANGTUA DENGAN PENGGUNAAN KACAMATA SEBAGAI KOREKSI PADA ANAK KELAINAN REFRAKSI DI MIN ULEE KARENG BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Islami - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kelainan refraksi merupakan keadaan dimana sistem optik dari mata gagal untuk menyesuaikan diri, sehingga bayangan tidak fokus tepat pada retina dan menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Kelainan refraksi yang tidak dikoreksi merupakan masalah utama mata di seluruh dunia. Data dari VISION 2020, suatu program kerjasama antara International Agency for the prevention of Blindness (IAPB) dan World Health Organization (WHO) memperkirakan 153 juta penduduk dunia mengalami gangguan visus akibat kelainan refraksi yang tidak dikoreksi. Pentingnya orangtua memiliki pengetahuan yang benar mengenai kelainan refraksi, sebagai upaya untuk dapat menanggulangi kondisi kelainan refraksi pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan tingkat pengetahuan orangtua dengan penggunaan kacamata sebagai koreksi pada anak kelainan refraksi di MIN Ulee Kareng Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan desain cross sectional dengan metode pengambilan sampel secara total sampling. Ditemukan 42 anak yang mengalami kelainan refraksi dari 429 anak yang dilakukan pemeriksaan visus menggunakan Snellen Chart, selanjutnya dibagikan kuesioner untuk menilai pengetahuan orangtua terhadap kelainan refraksi. Hasil analisis data dengan menggunakan uji Mann-Withney menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan orangtua dengan penggunaan kacamata sebagai koreksi pada anak kelainan refraksi (p value 0,023

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN ORANGTUA TERHADAP PENYAKIT JANTUNG BAWAAN PADA ANAK (Putri Maulidasari, 2014)

KARAKTERISTIK KELAINAN REFRAKSI ANAK USIA SEKOLAH DI POLI MATA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizki wahyuni, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT TAJAM PENGLIHATAN DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DENGAN KELAINAN REFRAKSI BELUM DIKOREKSI DI POLI MATA RSUD MEURAXA BANDA ACEH (Rahayu Anita Permata Hadi, 2017)

HUBUNGAN KELAINAN REFRAKSI DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR SISWARNSEKOLAH DASAR NEGERIRN(SDN) 67 PERCONTOHANRNBANDA ACEH (Nichia Defira Al Rahim Lubis, 2014)

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU MENGENAI PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN PERAN KELUARGA, TRADISI, DAN KEPERCAYAAN DI PUSKESMAS ULEE KARENG (NOVILIA CRUSTIVERA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.