Search :

Advance


ANALISIS MATERI YANG SULIT PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hud Malia Wati Putri - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Materi yang Sulit, Strategi Belajar Mengajar (SBM) Telah dilakukan penelitian tentang analisis materi yang sulit pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar (SBM) di Program Studi Pendidikan Kimia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) materi yang sulit dipahami oleh mahasiswa (2) penyebab kesulitan mahasiswa dalam memahami materi pada mata kuliah SBM di Program Studi Pendidikan Kimia. Tehnik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan instrumen berupa angket. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 47 orang mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Kimia Tahun Akademik 2015/2016.. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Hasil persentase kesulitan yang diperoleh berdasarkan analisis data terhadap angket tanggapan mahasiswa untuk masing-masing materi yaitu (1) hakikat SBM 33,33%; (2) teori belajar 46,81%; (3) tahapan mengajar 43,25%; (4) keterampilan dasar mengajar 63,83%; (5) model, pendekatan dan metode pembelajaran 70,21%; (6) tahapan mengajar 43,25%; (7) simulasi pembelajaran 42,55%; (8) sumber belajar 37,23%; (9) pengelolaan kelas 45,74%; (10) remedial dan pengayaan 26,6%. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa pada tiap materi SBM berdasarkan persentase yang terbesar (1) mahasiswa sulit menyesuaikan antara model, pendekatan dan ketrampilan mengajar (2) mengidentifikasi kesesuaian antara materi dengan teori belajar, (3) mahasiswa masih bingung mengaplikasikan ketrampilan mengajar, (4) menyusun langkah-langkah yang sesuai dengan model yang dipilih. Hal ini disebabkan (1) dosen sedikit memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan simulasi pembelajaran, (2) contoh ketrampilan dasar mengajar yang diberikan masih sedikit, (3) penjelasan tentang materi masih bersifat universal, (4) dosen tidak mengaplikasikan secara langsung di dalam proses pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEMAMPUAN SPASIAL DENGAN KEMAMPUAN KONSEPTUAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KIMIA DASAR II (STUDI KASUS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016) (Suzanna Binti Safwan, 2017)

HUBUNGAN NILAI MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (MKSBM) DENGAN KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA BIOLOGI PADA MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO (MKPM) TAHUN AKADEMIK 2013/2014 (Raduan, 2014)

PENGARUH NILAI MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DAN PERENCANAAN PENGAJARAN TERHADAP NILAI MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO PADA PROGRAM STUDI FISIKA (tia listika, 2013)

HUBUNGAN AFIKASI DIRI (SELF-EFFICACY) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP NILAI MATA KULIAH KIMIA FISIK I RNPADA MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA TAHUN MASUK 2011 RNFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Siti Rahmah, 2014)

IDENTIFIKASI POKOK BAHASAN YANG DIANGGAP SULIT OLEH MAHASISWA PADA PERKULIAHAN KIMIA ANORGANIK II DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Devina Ellyza, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.