//

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK PENYANDANG DISABILITAS (STUDI PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR)”.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmat Aulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi interpersonal orang tua dalam meningkatkan rasa percaya diri anak penyandang disabilitas kategori Tunagrahita, serta untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan rasa percaya diri anak penyandang disabilitas kategori Tunagrahita. Penelitian ini menggunakan teori Perencanaan Charles Berger dalam merencanakan komunikasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dengan orang tua yang mempunyai anak disabilitas kategori Tunagrahita. Hasil penelitian diperoleh bahwa orang tua menggunakan teori perencanaan yang dikemukakan Charles Berger, dengan terlebih dahulu menetapkan rencana-rencana sebagai gambaran untuk langkah-langkah atau kegiatan komunikasi yang akan dilakukan agar mencapai tujuan yang diharapkan. Langkah yang dilakukan oleh Orang tua yaitu dengan merumuskan strategi komunikasi. Langkah pertama yaitu pendekatan secara individu kepada anak. Langkah kedua menyusun pesan berupa mencontohkan figur lain kepada anak dan memberikan nasehat. Langkah ketiga menetapkan metode yaitu memberikan contoh teladan kepada anak dan memberikan hukuman untuk membuat anak tidak mengulangi kesalahan yang sama. Faktor pendukung keberhasilan komunikasi interpersonal orang tua dan anak adalah kredibilitas, kemampuan intelektual, kepercayaan, kematangan tingkat emosional dan berorientasi kepada psikologis komunikan. Sementara faktor penghambat yaitu interaksi dan pengalaman. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Interpersonal, Orang tua, Anak, Penyandang Disabilitas, Teori Perencanaan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (Fadli, 2014)

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PENYANDANG DISABILITAS FISIK DI SLB KOTA BANDA ACEH (Sri Jarmitia, 2014)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER SPESIALIS GIGI ANAK TERHADAP PASIEN ANAK DI RSGM UNSYIAH (MAULINA MUTIA, 2018)

PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA DI BANDA ACEH TEMA: ARSITEKTUR PERILAKU (Elfira Safitri, 2017)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGAJAR PRIVATE DALAM MEMAHAMI KETERBUKAAN DIRI PESERTA DIDIK (STUDI PADA PLATINUM PRIVATE, BANDA ACEH) (HILMI YULFUAD, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy