//

HUBUNGAN KEMAMPUAN SPASIAL DENGAN KEMAMPUAN KONSEPTUAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KIMIA DASAR II (STUDI KASUS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suzanna Binti Safwan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: spasial, konseptual, soal-soal kimia dasar II. Telah dilakukan penelitian dengan judul “Hubungan Kemampuan Spasial dengan Kemampuan Konseptual dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kimia Dasar II (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNSYIAH Tahun Akademik 2015/2016)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan spasial dengan kemampuan konseptual dalam menyelesaikan soal-soal kimia dasar II. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNSYIAH tahun akademik 2015/2016, dengan penentuan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang terdiri dari 10 soal kemampuan spasial dan 10 soal kemampuan konseptual. Soal tes yang diberikan berbentuk pilihan ganda biasa dan 4 pernyataan yang terdiri dari materi konsep spasial dan kimia dasar II. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi Product-Moment untuk data ≥ 30. Pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (db) 55, diperoleh nilai rxy = 0,162 dan rtabel sebesar 0,220, sehingga rhitung ≤ rtabel. Maka hipotesis alternatif (Ha) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara kemampuan spasial dengan kemampuan konseptual dalam menyelesaikan soal-soal kimia dasar II pada mahasiswa Pendidikan Kimia tahun akademik 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan untuk melakukan analisis lanjutan tentang hubungan kemampuan spasial dengan kemampuan konseptual pada mata kuliah kimia lainnya, dengan menggunakan metode expost facto. Selain itu, sebaiknya soal tes yang digunakan dipisahkan untuk kedua kemampuan, dengan materi soal konseptual pada tingkat submikroskopik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA DALAM MENGIKUTI PENGAJARAN MIKRO DI FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2016-2017 (Sudirman, 2017)

ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL UJIAN KOMPREHENSIF PADA JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA TAHUN 2016 (Miftahul Jannah, 2018)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA MAHASISWA BARU FMIPA UNSYIAH 2015 DENGAN MENGGUNAKAN CART (CLASSIFICATION AND REGRESSION TREES) (Sri Hayatun Nufus, 2016)

HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR FORMAL DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL KIMIA BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS AKSELERASI SMA NEGERI MODAL BANGSA DINAS PENDIDIKAN ACEH (Muhammad Reza, 2015)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (ILIANTI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy