Search :

Advance


HUBUNGAN PARITAS DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bangkit Salam - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Nyeri punggung bawah telah dikenal sebagai salah satu masalah kesehatan paling umum pada masyarakat dan merupakan penyebab tertinggi pada disabilitas yang sangat mempengaruhi aktivitas. Kehamilan merupakan suatu kondisi yang mampu meningkatkan risiko berulangnya kejadian nyeri punggung bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara paritas dengan kejadian nyeri punggung bawah. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien wanita yang datang berkunjung ke poliklinik saraf RSUDZA. Analisis data penelitian menggunakan uji statistik Chi-Square. Selama periode penelitian didapatkan sampel sebanyak 65 orang dengan kasus nyeri punggung bawah sebanyak 36.92% dan bukan nyeri punggung bawah sebanyak 63.08%. Berdasarkan jenis paritasnya didapatkan sebanyak 26.16% pasien dengan paritas tinggi dan 73.84% dengan paritas rendah. Setelah dilakukan serangkaian uji statistik didapatkan korelasi dengan p=0.007. Pada penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan antara paritas dengan kejadian nyeri punggung bawah. Kata kunci : Nyeri Punggung Bawah, Paritas, Insidensi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEROKOK DENGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH (NPB) DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rahmadini, 2014)

HUBUNGAN PEKERJAAN DENGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Siti Aminah, 2016)

HUBUNGAN USIA, JENIS KELAMIN, DAN BEBAN KERJA FISIK DENGAN KETERBATASAN BERAKTIVITAS PADA PASIEN SPECIFIC DAN NON-SPECIFIC LOW BACK PAIN (Nabila DInda Jeulila, 2014)

HUBUNGAN HASIL GAMBARAN RADIOLOGI MAGNETIC RESONANCE IMAGING LUMBOSAKRAL DENGAN GEJALA KLINIS PADA PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA BANDA ACEH PERIODE BULAN OKTOBER SAMPAI DESEMBER TAHUN 2015 (Dwita Monica Putri, 2016)

HUBUNGAN OBESITAS DENGAN KEJADIAN LOW BACK PAIN PADA PASIEN WANITA USIA 45 – 60 TAHUN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NURMASYITHAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.