Search :

Advance


LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN STRES KERJA PADA POLISI RESERSE KRIMINAL POLDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Layyina Hafna - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Polisi reserse kriminal merupakan salah satu profesi yang bertugas membina fungsi, menyelenggarakan kegiatan penyelidikan, tindak pidana, menegakkan hukum, dan menegakkan administrasi penyidik sesuai ketentuan hukum. Tugas tersebut sangat rentan terhadap stres karena memiliki resiko dan beban kerja yang berat. Berbagai sumber stres di tempat kerja dapat menjadi penyebab terjadinya stres kerja.Stres kerja merupakan suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya ketidakseimbangan fisik dan psikis yang memengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi individu di lingkungan kerja. Salah satu faktor yang memengaruhi stres kerja adalah locus of control internal. Individu dengan locus of control internal percaya bahwa keberhasilan atau kegagalan tergantung pada dirinya.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara locus of controlinternal dengan stres kerjapada polisi reserse kriminal Polda Aceh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini incidental sampling dengan jumlah43 sampel yang terdiri dari direktorat reserse kriminal umum dan direktorat reserse kriminal khusus. Alat ukur yang digunakan dalampenelitian ini terdiri atas dua skala psikologi, yaitu skala adaptasi Rotter’s Locus of Control Scale dari Rotters (1966) dan skala adaptasi stres kerja dari House, McMichael, Wells, Kaplan, dan Landerman (1979). Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi spearmanmenunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,464 dengan nilai p = 0,001 (p < 0,05). Hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara locus of controlinternal dan stres kerjapada polisi reserse kriminal Polda Aceh. Kata Kunci: Locus of control, Stres kerja, Polisi reserse kriminal

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KELELAHAN KERJA DENGAN LOKUS KENDALI INTERNAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PEGAWAI BANK BRI KOTA BANDA ACEH (Rizki Mauliani, 2016)

PENENTUAN LOCUS DELICTI DALAM TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA ONLINE (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL KHUSUS KEPOLISIAN DAERAH ACEH) (aldi kurniadi maada, 2016)

HUBUNGAN ANTARA HEALTH LOCUS OF CONTROL DENGAN KEPATUHAN PENGOBATAN PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIS YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Auliya Yuliyandri Ansari, 2016)

PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (PADA KARYAWAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. CABANG BANDA ACEH) (Nofrizal Asman, 2017)

PENGARUH OTONOMI KERJA TERHADAP LOCUS OF CONTROL DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI PEMEDIASI (PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN PROVINSI ACEH) (Syarfun Huda, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.