Search :

Advance


HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME DENGAN COPING STRESS DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PERANTAU DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Fathlul Jannah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Mahasiswa adalah individu yang belajar di perguruan tinggi yang berasal dari berbagai daerah yang memiliki tanggung jawab akademik untuk menyelesaikan skripsi agar menjadi seorang sarjana. Hambatan dalam menyelesaikan skripsi menjadi salah satu pemicu stres sehingga mahasiswa memerlukan strategi coping stressdan optimisme dalam diri agar mampu mengatasi hambatan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan optimisme dengan coping stress dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa perantau di Universitas Syiah Kuala. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa perantau yang sedang menempuh jenjang pendidikan strata satu Universitas Syiah Kuala berjumlah 317 mahasiswa yang merupakan angkatan 2011 dan 2012. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan Random Sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur,yaitu skala optimisme yang peneliti susun terdiri dari 23 aitem dan skalacoping stress yang peneliti susun terdiri dari 27 aitem. Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,599 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hipotesis yang diajukan diterima. Semakin tinggi optimisme mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi maka semakin tinggi coping stresnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara optimisme dengan coping stress dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa perantau di Universitas Syiah Kuala. KataKunci:Optimisme, Coping stress, Skripsi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN OPTIMISME MENGHADAPI PERSAINGAN DUNIA KERJA DENGAN ADVERSITY QUOTIENT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yaumil Khairiyah, 2016)

HUBUNGAN ANTARA STRES DENGAN STRATEGI COPING PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK PENDERITA TALASEMIA BETA MAYOR DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RINA SYAFRITA, 2015)

HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN ACADEMIC STRESS PADA MAHASISWA STRATA SATU UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Fany Rizki Tamaya, 2016)

HUBUNGAN MOTIVASI DAN BIMBINGAN DOSEN TERHADAP PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISWA DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014 (RIFQA JUNITA JUSUF, 2014)

GAMBARAN STRES PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER YANG SEDANG MELAKUKAN PENYUSUNAN SKRIPSI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (riska handriani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.