Search :

Advance


HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN INFEKSI PARASIT SALURAN CERNA PADA ANAK DIARE 0-2 TAHUN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muyasir - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Diare yang diakibatkan oleh infeksi parasit saluran cerna masih sering terjadi di wilayah dengan iklim tropis seperti Indonesia. Prevelensi diare yang tinggi pada anak-anak dapat berdampak buruk terhadap tumbuh kembang anak. Menurut Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2013, prevelensi kejadian diare di Provinsi Aceh masuk ke dalam 5 daerah dengan insiden tertinggi. Diare dengan infeksi parasit saluran cerna dapat terjadi pada anak dengan ASI eksklusif pada usia 0-2 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan kejadian infeksi parasit saluran cerna pada anak diare 0-2 tahun. Metode penelitian ini adalah cross sectional. Sampel yang dipilih dengan teknik non-probability sampling dengan cara consecutive sampling. Data dikumpulkan dengan meminta izin kepada 32 ibu anak yang dirawat di Ruang Anak RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh sejak bulan Oktober hingga November 2016. Data kemudian dianalisis dengan metode bivariat yaitu uji Chi Square dengan uji alternatif uji Fisher. Hasil uji diperoleh hasil p=0,600 (p>0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan kejadian infeksi parasit saluran cerna pada anak diare 0-2 tahun. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai kejadian infeksi parasit pada anak dengan menilai faktor-faktor lainnya seperti faktor macro-environmental dan micro-environmental serta melakukan penelitian dengan metode kohort agar dapat memperlihatkan pengaruh ASI Eksklusif terhadap infeksi parasit saluran cerna pada anak diare dengan kriteria inklusi dan eksklusi lebih spesifik serta menggunakan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan serum IgE atau TNF-α. Kata kunci: Diare, parasit saluran cerna, ASI, anak 0-2 tahun.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KEJADIAN ISPA PADA ANAK YANG PERNAH MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DAN YANG TIDAK MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSLAM BANDA ACEH (Roziyanti, 2014)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN DIARE PADA BALITA DI POLIKLINIK ANAK RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (nanda rizka, 2014)

GAMBARAN KARAKTERISTIK IBU TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI POLIKLINIK ANAK RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Devi silvya febriyanti, 2013)

HUBUNGAN PEMBERIAN SUSU FORMULA DENGAN KEJADIAN DIARE PADA ANAK USIA 0-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (VERA RIZKI, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN SUSU SAPI TERHADAP FREKUENSI KEJADIAN ISPA PADA ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (CUT FARAH IZZATY, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.