Search :

Advance


LAJU INFILTRASI LUBANG RESAPAN BIOPORI (LRB) BERDASARKAN JENIS BAHAN ORGANIK SEBAGAI UPAYA KONSERVASI AIR DAN TANAH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Seva Darwia - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Kota Banda Aceh menjadi daya tarik bagi masyarakat sebagai sentral kegiatan pendidikan dan ekonomi, sehingga membawa pengaruh akan bertambahnya jumlah pelajar, mahasiswa maupun tenaga kerja. Perkembangan jumlah penduduk membawa kebutuhan lahan semakin meningkat. Lahan yang sebelumnya berfungsi sebagai daerah resapan air tersebut mengalami konversi dari lahan tak terbangun menjadi lahan terbangun yang menyebabkan berkurangnya daerah resapan sehingga ketika terjadinya hujan dengan intensitas tinggi air hujan tidak secara maksimal terinfiltrasi ke dalam tanah dan tergenang. Masalah lain yang juga dihadapi akibat meningkatnya jumlah penduduk adalah meningkatnya volume sampah di pemukiman. Hal ini tidak akan terjadi apabila pengelolaan sampah dapat dimanfaatkan dengan baik untuk pengelolaan tata guna tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan laju infiltrasi Lubang Resapan Biopori (LRB) berdasarkan perbedaan bahan organik, menghitung volume air yang terinfiltrasi ke dalam tanah setelah adanya LRB dan mengetahui jumlah ideal LRB yang dibutuhkan pada setiap rumah. Penelitian ini dilakukan di halaman rumah A dengan luas bidang kedap 380 m², halaman rumah B dengan luas bidang kedap 416 m², halaman rumah C dengan luas bidang kedap 320 m², halaman rumah D dengan luas bidang kedap 400 m², dan halaman rumah E dengan luas bidang kedap 360 m². Diukur laju infiltrasi, kemudian dimasukkan 3 jenis bahan organik yaitu bahan organik daun kering, bahan organik sampah rumah tangga dan bahan organik campuran daun kering dan sampah organik rumah tangga dengan perbandingan 1:1, dibiarkan selama 1 bulan, setelah itu diukur kembali laju infiltrasi untuk dilihat perbedaannya. Selanjutnya dihitung jumlah ideal LRB yang dibutuhkan dan dihitung jumlah volume air yang terinfiltrasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa laju infiltrasi LRB sebelum terisi bahan organik yaitu sebesar 16,7 cm/jam, 27,9 cm/jam, 38,9 cm/jam, 22,5 cm/jam, 11,3 cm/jam. Laju Infiltrasi setelah terisi bahan organik selama sebulan meningkat menjadi 30,67 cm/jam, 54,38 cm/jam, 79,35 cm/jam, 37,24 cm/jam, 20,35 cm/jam. Laju infiltrasi pada lubang yang diisi dengan bahan organik rumah tangga memiliki persen kenaikan paling tinggi yaitu pada rumah A meningkat 83%, pada rumah B meningkat 94%, pada rumah C meningkat 103%, pada rumah D meningkat 65%, pada rumah E meningkat 80%. Hal ini disebabkan pada lubang yang diisi bahan organik yang terurai menyebabkan tanah memiliki pori-pori mikro yang lebih banyak. Jumlah ideal LRB yang dibutuhkan pada setiap halaman rumah A, B, C, D dan E dengan intensitas hujan 6,62 cm/jam adalah 82, 51, 27, 71, 230 lubang. Rumah C memiliki jumlah LRB yang sedikit karena memiliki laju infiltrasi yang besar. Jumlah volume air yang terinfiltrasi pada rumah A yaitu 2,88 ml, pada rumah B yaitu 6,12 ml, pada rumah C yaitu 10,24 ml, pada rumah D yaitu 4,26 ml, pada rumah E yaitu 2,17 ml selama pengukuran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

LAJU INFILTRASI LUBANG RESAPAN BIOPORI (LRB) BERDASARKAN JENIS BAHAN ORGANIK SEBAGAI UPAYA KONSERVASI AIR DAN TANAH (Seva Darwia, 2017)

APLIKASI LUBANG RESAPAN SEBAGAI PEMANFAATAN ALIRAN PERMUKAAN DI KEBUN PALA GAMPONG JAMBU APHA KABUPATEN ACEH SELATAN (HUSNAL IKHSAN, 2015)

PENGUKURAN LAJU INFILTRASI PADA BEBERAPA TIPE PENGGUNAAN LAHAN DI UNIVERSITY FARM IE SEUM DESA IE SEUM KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Fahrul Reza, 2015)

PERBEDAAN DIMENSI SALURAN DRAINASE KOPELMA DARUSSALAM PADA LAHAN DENGAN DAN TANPA MEMANFAATKAN BIOPORI (Zaitun Humaira, 2014)

PENERAPAN SUMUR RESAPAN (EKO-DRAINASE) MELALUI PANEN HUJAN (RAINWATER HARVESTING) GUNA MENINGKATKAN KONSERVASI AIR TANAH DI FAKULTAS TEKNIK UNSYIAH BANDA ACEH (Rika Yulita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.