Search :

Advance


DAMPAK IMPLEMENTASI TARIF 0% ACFTA (ASEAN CHINA FREE TRADE AREA) TERHADAP NILAI EKSPOR 8 KOMODITAS PERTANIAN INDONESIA KE TIONGKOK

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ade Elvi Rahmah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

DAMPAK IMPLEMENTASI TARIF 0% ACFTA (ASEAN CHINA FREE TRADE AREA) TERHADAP NILAI EKSPOR 8 KOMODITAS PERTANIAN INDONESIA KE TIONGKOK Oleh: Ade Elvi Rahmah/Agribisnis/Universitas Syiah Kuala ABSTRAK ASEAN China Free Trade Area (ACFTA) adalah suatu bentuk kerjasama perdagangan bebas antara negara Indonesia yang termasuk anggota ASEAN dengan negara Tiongkok. Kebijakan utama yang tertuang dalam kesepakatan tersebut yakni pembebasan dan penurunan tarif terhadap kegiatan perdagangan antara negara-negara yang tergabung didalamnya. Penelitian ini menganalisis apakah terdapat perbedan yang signifikan pada nilai ekspor komoditas pertanian Indonesia ke Tiongkok setelah adanya implementasi tarif 0% ACFTA dan bagaimana dampak implementasi tarif 0% ACFTA (ASEAN-China Free Trade Area) terhadap nilai ekspor 8 komoditas pertanian Indonesia ke Tiongkok yakni: (1) lemak dan minyak hewani/nabati, (2) karet dan produk karet, (3) kayu dan produk kayu, (4) ikan, udang, dan makanan laut lainnya, (5) kakao, (6) kopi, teh dan rempah, (7) sayuran dan buah-buahan, serta (8) gula dan kembang gula. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yakni menggunakan uji beda sampel berpasangan (Paired T Test) terhadap dua periode pengamatan, yakni sebelum dan sesudah ACFTA. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan ke arah peningkatan nilai ekspor setelah implementasi tarif 0% ACFTA serta implementasi tarif 0% ACFTA berdampak positif bagi ekspor 8 komoditas pertanian indonesia ke Tiongkok. Adapun komoditas yang paling tinggi peningkatan nilai ekspor karena implementasi tarif 0% ACFTA berturut-turut yakni minyak dan lemak hewani/nabati, karet dan produk karet serta kayu dan produk dari kayu. Kata Kunci: ACFTA, Paired T Test , Komoditas Pertanian

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK IMPLEMENTASI ACFTA (ASEAN CHINA FREE TRADE AREA) TERHADAP NILAI EKSPOR KOMODITAS UTAMA INDONESIA KE TIONGKOK (FITRAH HASUNA SINAGA, 2015)

ANALISIS DAMPAK ACFTA (ASEAN - CHINA FREE TRADE AREA) TERHADAP EKSPOR NETTO DAN PDB INDONESIA (Muhammad Iqbal, 2013)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERMINTAAN IMPOR INDONESIA (ABDUL HADI AR, 2014)

PENGARUH AFTA TERHADAP PERDAGANGAN INDONESIA DAN KESIAPAN INDONESIA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN 2015 (Teuku Mirza, 2016)

ANALISIS KESIAPAN DOKTER SPESIALIS MENGHADAPI ASEAN FREE TRADE AREA (AFTA) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dede Maulana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.