//

KAJIAN JUMLAH TROMBOSIT SEBELUM DAN SESUDAH KEMOTERAPI SIKLUS I PASIEN KANKER PAYUDARA DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JAVIER ARRAZI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kanker payudara merupakan jenis kanker paling banyak ditemukan pada wanita di seluruh dunia. Kemoterapi yang diberikan akan memberikan efek mielosupresif sehingga mempengaruhi jumlah trombosit penderita. Penelitian ini mengkaji perbedaan jumlah trombosit sebelum dan sesudah kemoterapi pada penderita kanker payudara yang menjalani kemoterapi siklus I di ruang Mamplam 3 RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, dan melihat jumlah trombosit yang mengalami penurunan paling signifikan setelah mendapat kemoterapi siklus I. Penelitian ini menggunakan rancangan analitik observasional perbandingan data numerik berpasangan (paired t-test) dari bulan November sampai Desember 2016. Sebanyak 30 penderita kanker payudara yang menjalani kemoterapi siklus I menjadi sampel dalam penelitian ini dan dibagi dalam 6 kelompok, sehingga dapat dilihat kelompok yang mengalami penurunan trombosit yang signifikan setalah mendapat kemoterapi. Hasil menunjukkan karakteristik penderita berdasarkan umur persentase tertinggi yaitu 36-45 tahun (56,7%). Rerata jumlah trombosit sebelum dan sesudah kemoterapi adalah 298,96±75,61 dan 267,73±74,44. Hasil uji t menunjukkan p=0.000. Kelompok jumlah trombosit dengan selisih penurunan jumlah trombosit signifikan adalah kelompok dengan jumlah trombosit 401-450 x 103/mm3 (17,8). Kata kunci: Kanker Payudara, Kemoterapi, Jumlah Trombosit

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN KADAR NEUTROFIL PASIEN KANKER PAYUDARA SEBELUM DAN SESUDAH KEMOTERAPI DI BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ridha Mawaddah, 2015)

GAMBARAN KADAR ALKALINE PHOSPHATASE (ALP) SEBELUM DAN SESUDAH KEMOTERAPI PADA PASIEN KANKER PAYUDARA DI RSUDZA BANDA ACEH (desy permata sari, 2016)

PERBEDAAN KADAR HEMOGLOBIN PASIEN KANKER PAYUDARA SEBELUM DAN SESUDAH KEMOTERAPI DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Sri Agustina, 2015)

HUBUNGAN SIKLUS KEMOTERAPI DENGAN STATUS GIZI PASIEN KANKER PAYUDARA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NATASYA PUTRI, 2018)

GAMBARAN DERAJAT NYERI BERDASARKAN NUMERICAL RATING SCALE (NRS) PADA PASIEN KANKER PAYUDARA (Ade Putri Rinanda Ayoumi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy