Search :

Advance


PEMETAAN KONFLIK SOSIAL MASYARAKAT DI ACEH SELATAN (STUDI DESKRIPTIF KONFLIK SOSIAL MASYARAKAT DI KEMUKIMAN ALUE PAKU KECAMATAN SAWANG)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Indra Darmawan - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Konflik dalam masyarakat terutama banyak disebabkan oleh cara menyikapi perbedaan yang muncul, baik perbedaan kepentingan, persepsi, identitas, pekerjaan dan jabatan. Faktor lain karena adanya kelompok-kelompok kepentingan, lembaga-lembaga organisasi, dan kelas-kelas sosial dalam masyarakat yang tidak selalu memiliki kepentingan yang sama dan serasi. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk menganalisa konflik apa saja yang terjadi di kemukiman Alue Paku. Kedua, Menganalisa Bagaimana mekanisme penyelesaian konflik sosial di kemukiman Alue Paku. Penelitian ini dilakukan di mukiman Alue Paku Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Teori yang digunakan dalam pemetaan konflik adalah teori konflik. Penelitian merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini juga diperoleh dari informan. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bentuk konflik apa saja yang terjadi di kemukiman Alue Paku. Dari hasil wawancara dan observasi peneliti dilapangan, ada beberapa jenis konflik sosial di kemukiman Alue Paku yaitu konflik antara masyarakat dengan pemerintah gampong, konflik perebutan tanah, perbedaan padangan dalam tatacara ibadah dan konflik terjadi karena perbedaan pandangan politik yang mengakibatkan perkelahian dan percekcokan serta putusnya tali silaturrahmi. Bagaimana mekanisme penyelesaian konflik sosial di kemukiman Alue Paku. Dari hasil observasi dan hasil wawancara mekanisme penyelesaian konflik sosial di kemukiman Alue Paku dilakukan dengan cara memperkuat persatuan pemuda gampong melalui olah raga, mengadakan gotong royong, mengadakan musyawarah jika terjadi konflik antar warga. Sehingga masyarakat Alue Paku terlihat hidup harmonis dan terjaganya tali silaturrahmi antar sesama warga. Saran kepada masyarakat Alue Paku untuk menumbuhkan kesadaran diri dengan menghargai segala bentuk perbedaan suku, bangsa, dan agama. Menjalin hubungan komunikasi yang baik antar masyarakat di kemukiman Alue Paku, Mengubah pola pikir dan prilaku yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Menjadi pribadi yang mampu mencerminkan teladan yang baik bagi semua. Dan menciptakan kehidupan masyarakat, yang aman, damai, dan sejahtera dengan menjalankan semua aturan-aturan yang berlaku dalam masyarakat Alue Paku. Kata Kunci : Konflik, Pemetaan, Masyarakat Pedesaan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOBILITAS SOSIAL PADA MASYARAKAT NELAYAN (STUDI DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN) (Masna, 2016)

KONFLIK PERBATASAN DI KECAMATAN TANGAN-TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (STUDI KASUS ANTARA GAMPONG PADANG BAK JEUMPA, GAMPONG GUNONG CUT, DAN PADANG HARAPAN) (FELI YULIDA, 2016)

KONFLIK ANTARA ETNIS PENDATANG DI TANAH GAYO (INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS JAWA DAN ETNIS ACEH DI KAMPUNG GAYO MURNI KECAMATAN ATU LINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH, 1989-2015) (Nanda Winar Sagita, 2017)

MODAL SOSIAL MASYARAKAT TRANSMIGRASI PADA MASA KONFLIK DAN PASCA KONFLIK (STUDI KOMPARATIF DI GAMPONG JANTHO BARU KECAMATAN KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR) (NURSUSANTI, 2016)

ANALISIS KONFLIK MANUSIA DENGAN GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS)DI KECAMATAN PEUNARON KABUPATEN ACEH TIMUR (Fahmy Armanda, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.