Search :

Advance


MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 45 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novia Faradilla - Personal Name
Subyek TEACHING
SCHOOL MANAGEMENT
EDUCATION PLANNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 45 BANDA ACEH Oleh : Novia Faradilla NIM : 1409200050035 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd. ABSTRAK Manajemen pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan guru dalam mengelola atau berinteraksi dengan siswa yang terjadi selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perencanaan pembelajaran di SD Negeri 45 Banda Aceh: (2) pengorganisasian pembelajaran di SD Negeri 45 Banda Aceh: (3) pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 45 Banda Aceh; dan (4) penilaian pembelajaran di SD Negeri 45 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru di SD Negeri 45 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru SD Negeri 45 Banda Aceh belum direncanakan dengan baik. Sebagian besar penyusunan RPP yang ada pada guru dibuat secara bersama-sama oleh tim gugus. Hanya sebagian kecil guru yang mampu menyusun dan membuat sendiri RPP: (2) pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan oleh guru SD Negeri 45 Banda Aceh telah dilakukan dengan baik, dengan menyelenggarakan proses pembelajaran yang optimal, mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajaran yang efektif, menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi proses pembelajaran di sekolah: (3) pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru SD Negeri 45 Banda Aceh hanya bersifat umum. Hal ini, disebabkan oleh keterbatasan dana di sekolah. Apabila direncanakan dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, guru memprediksikan adanya hambatan pada faktor pendukungnya, yaitu dana, waktu, dan sarana: dan (4) penilaian pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru SD Negeri 45 Banda Aceh dapat dikategorikan baik, penilaian yang dilakukan guru dilakukan secara objektif terhadap hasil yang diperoleh oleh siswa. Penilaian yang dilakukan untuk melihat kemajuan belajar peserta didik dalam hal penguasaan materi pengajaran yang telah dipelajari. Kata Kunci: Manajemen dan Pembelajaran

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PPKN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA PADA SDN 1 PEUKAN PIDIE KABUPATEN PIDIE (Mutiyawati, 2017)

MANAJEMEN GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA FATIH BILINGUAL SCHOOL LAMLAGANG BANDA ACEH (Ali Huseyinli, 2015)

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD NEGERI DAYAH GUCI KABUPATEN PIDIE. (Muhammad Nur, 2015)

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MTSN RNKOTA LHOKSEUMAWE (Siti Aminah, 2014)

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA SMAN 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE (Teuku Mahmuddin, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.