Search :

Advance


ANALISIS KEBISINGAN PADA PEMBUATAN LUBANG(HOLE) MENGGUNAKAN MESIN CNC AGMA A8

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sahlul Mahfud Prasojo - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Perkembangan globalisasi otomasi industri menuntut industri manufaktur harus mampu bersaing dalam beberapa faktor penting, seperti peningkatan kualitas produk, kecepatan proses manufaktur, penurunan biaya produksi, produksi yang aman dan ramah lingkungan. Oleh karena itu, dibutuhkan mesin yang dapat menghasilkan produk dengan kualitas terbaik, salah satunya adalah penggunaan mesin kendali numerik CNC (Computer Numerically Control). Penelitian ini bertujuan memantau kondisi permesinan dengan analisis kebisingan pada proses drilling, memantau keausan pahat, dan memantau hubungan kebisingan dengan keausan pahat. Penelitian ini dilakukan dengan 3 (tiga) kali pengujian dengan kecepatan putaran 800 rpm, 1000 rpm, dan 1200 rpm menggunakan 3 mata pahat dengan ukuran 8 mm. Pengambilan data setiap pahat dilakukan setelah melubangi sebanyak 11 lubang dengan kedalaman plat 27 mm. Tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh mesin CNC AGMA A8 98,7 dB yaitu pada putaran 1000 rpm, menurut Kep.Men.No.55 tahun 1999 tidak boleh terpapar kebisingan melebihi 30 menit per hari dengan rentang tingkat kebisingan 90 sampai 100 dB. Untuk menghindari kebisingan yang terlalu besar lebih bagus menggunakan putaran 800 rpm tetapi memiliki kekurangan yaitu keausan mata pahat lebih cepat dalam memproduksi 11 lubang. Saran untuk menghindari kebisingan yang melebihi ambang batas yang telah ditentukan disarankan pada saat melakukan pekerjaan menggunakan earplug atau alat untuk menutupi telinga agar kebisingan bisa diminimalisir. Kata kunci: kebisingan, proses drilling, dan keausan mata pahat

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA KEAUSAN MATA PAHAT HSS PADA PROSES MENGGURDI KAYU LAPIS (Rahman Ariansyah, 2017)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN DAN KETEBALAN PLAT TERHADAP KUALITAS LUBANG UNTUK BENDA KERJA BAJA KARBON SEDANG PADA PROSES DRILLING. (NURDINSYAH, 2013)

ANALISIS PEREDAMAN MENGGUNAKAN GLASSWOOL PADA MESIN LOS ANGELES ABRASI (Nanang Azzindani, 2017)

ANALISIS KEBISINGAN DAN KEKASARAN PERMUKAAN PADA PEMOTONGAN DENGAN MENGGUNAKAN POLA LURUS PADA MESIN AGMA A8 (Muhammad Prima Syahputra, 2016)

ANALISIS KEBISINGAN PADA AREA COMPRESSOR HOUSE UREA-1 DI PT PUPUK ISKANDAR MUDA,KRUENG GEUKUEH (Suparno, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.