Search :

Advance


HUBUNGAN ANTARA JOB EMBEDDEDNESS DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN BRI DI BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fira Fudhla - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Organizational Citizenship Behavior (OCB) hal yang sangat penting dalam organisasi, khususnya bagi organisasi perbankan. BRI merupakan bank milik pemerintah tertua di Indonesia. BRI harus bersaing dengan bank-bank swasta dan asing sekarang ini. OCB dapat muncul pada karyawan yang memiliki keinginan untuk terus bertahan dan menjadi bagian dari organisasi. Job embeddedness merupakan variabel yang menjelaskan keinginan karyawan untuk terus bertahan dalam suatu organisasi karena dipengaruhi oleh faktor-faktor penting, yaitu faktor organisasi dan faktor komunitas. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan job embeddedness dengan OCB pada karyawan BRI di Banda Aceh. Sebanyak 100 orang karyawan tetap BRI menjadi sampel dalam penelitian ini dan diambil dengan menggunakan teknik quota sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan skala job embeddedness yang disusun oleh peneliti mengacu kepada teori Mitchell, Holtom, Lee, dan Erez (2001) dan Organizational Citizenship Behavior Scale yang disusun oleh Smith, Organ, dan Near (1983). Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS. 22.00 dengan analisis pearson correlation. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi (p) = 0,000 (p < 0,005) dan koefisien korelasi (r) = 0,507, artinya hipotesis penelitian diterima, yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara job embeddedness dengan OCB pada karyawan BRI di Banda Aceh. Hasil ini mengindikasikan, bahwa semakin tinggi job embeddedness dengan semakin tinggi pula OCB pada karyawan BRI di Banda Aceh, dan sebaliknya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan, bahwa sebagian besar karyawan BRI di Banda Aceh berada pada kategori job embeddedness dan OCB yang tinggi. Kata Kunci: Organizational Citizenship Behavior (OCB), Job Embeddedness, dan Karyawan BRI

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI ANTARA PERAN BERLEBIHAN DAN PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASI PADA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD FAJRI, 2016)

PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI. (Perdana Errianda, 2014)

PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS TERHADAP PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASI DAMPAKNYA PADA KINERJA PEGAWAI; JOB EMBEDDEDNESS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PT PLN (PERSERO) AREA BANDA ACEH (Jarni Armiati Lisna , 2016)

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN LOYALITAS KARYAWAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) SERTA DAMPAKNYA PADA EFEKTIFITAS PERUSAHAAN PT. MARKPLUS.INC (Rusdi, 2015)

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS DI PT TELKOMSEL BRANCH BANDA ACEH) (Rommy Rinaldi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.