Search :

Advance


PERENCANAAN DAN PENJADWALAN DISTRIBUSI YAKULT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP) PADA PT YAKULT INDONESIA PERSADA CABANG BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alaina Sahisti Handayani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Perencanaan dan penjadwalan distribusi menjadi faktor penting dalam sistem operasional suatu perusahaan di mana mendukung dalam peningkatan produktivitas suatu produk dan memberikan kepuasan kepada konsumen. PT. Yakult Indonesia Persada cabang Banda Aceh merupakan perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods dengan lini produknya adalah Yakult. Perusahaan ini memiliki masalah dalam mengatur tingkat persediaan produknya yaitu sering terjadinya stock out dan over stock serta keterlambatan pengiriman produk pesanan. Dengan adanya masalah tersebut, maka dilakukan penelitian tentang perencanaan dan penjadwalan distribusi produk Yakult ke outlet Suzuya Mall, Suzuya Pasar Aceh, dan A. Majid dengan Metode Distribution Requirement Planning (DRP). DRP adalah metode untuk menangani pengadaan persediaan dalam suatu jaringan distribusi, sehingga diharapkan penyaluran produk terkoordinasi dengan baik, kuantitas pengiriman produk menjadi lebih optimal dan dapat meminimalkan total biaya distribusi. Hasil penelitian didapatkan berdasarkan pengolahan data untuk periode Agustus – Desember 2016. Lot size yang digunakan adalah EOQ di mana diperoleh untuk outlet Suzuya Mall adalah sebesar 3.560 unit, Suzuya Pasar Aceh sebesar 1.620 unit, dan A. Majid sebesar 1.665 unit. Selain itu juga diperoleh total Project On Hand (POH) dan frekuensi pengiriman selama Agustus – Desember 2016 untuk outlet Suzuya Mall adalah sebesar 45.999 unit dengan 20 kali pengiriman, Suzuya Pasar Aceh sebesar 25.973 unit dengan 20 kali pengiriman, dan A. Majid sebesar 27.177 unit dengan 19 kali pengiriman. Sedangkan total biaya distribusi yang diperoleh dalam perencanaan distribusi untuk 20 periode (minggu) ke depan untuk outlet Suzuya Mall adalah Rp 8.799.784, Suzuya Pasar Aceh sebesar Rp. 5.896.100, dan A. Majid berkisar Rp. 5.964.138. Kata kunci: Persediaan, Distribusi, Stock Out, Over Stock, Distribution Requirement Planning (DRP).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN DAN PENJADWALAN DISTRIBUSI YAKULT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP) PADA PT YAKULT INDONESIA PERSADA CABANG BANDA ACEH (Alaina Sahisti Handayani, 2017)

PERENCANAAN PENJADWALAN DISTRIBUSI PUPUK UREA BERSUBSIDI UNTUK WILAYAH ACEH MENGGUNAKAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP) PADA PT PUPUK ISKANDAR MUDA (Ade Ayu Aprianita, 2015)

PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PRODUK KOPIAH DENGAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) (STUDI KASUS: CV. MONISA SOUVENIR) (Muhammad Suhail, 2017)

PERENCANAAN KEBUTUHAN MATERIAL (PKM) PADA PRODUKSI KINCIR ANGIN KAPASITAS 100 WATT (ARIEF MAULANA BS, 2014)

ANALISIS BULLWHIP EFFECT PADA RANTAI PASOK DI PT BINA USAHA PRATAMA (Desi Santi Riyana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.