Search :

Advance


HUBUNGAN POLA MAKAN, USIA, DAN GENETIK DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD MEURAXA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Alfajri - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penyakit Diabetes Mellitus merupakan penyakit kronik degeneratif dan jumlah penderita semakin meningkat setiap tahunnya, hal ini ada kaitannya dengan pola makan, usia, dan genetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola makan, usia, dan genetik dengan kejadian diabetes mellitus tipe 2. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional dan dilaksanakan di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Meuraxa Banda Aceh selama bulan Agustus 2016 dengan 100 pasien sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien dengan pola makan baik sebesar 54 orang (54%), pasien yang berusia ≤ 45 tahun sebesar 62 orang (62%), dan yang memiliki riwayat genetik sebanyak 48 orang (48%). Pada analisis Chi-Square menunjukkan bahwa pola makan tidak memiliki hubungan dengan diabetes mellitus tipe 2 (p value = 0,243), sedangkan faktor usia (p value = 0,019) dan genetik (p value = 0,010) memiliki hubungan dengan diabetes mellitus tipe 2 (IK = 95%, α = 5%). Kesimpulannya adalah tidak terdapat hubungan antara pola makan dengan diabetes mellitus tipe 2 sedangkan usia dan genetik berhubungan dengan diabetes mellitus tipe 2.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN GAYA HIDUP PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 SEBELUM MENDERITA DIABETES DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 2010 (muhajir, 2014)

HUBUNGAN BENIGNA PROSTAT HIPERPLASIA DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE-2 DI RUMAH SAKIT UMUM DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Erisa Aulia, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

PERBANDINGAN PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (NELFIA YUNANDA, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN GASTRITIS DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FAIRUZ ROJI AKBAR HSB, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.