Search :

Advance


HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA DI PESANTREN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Dewi Syahrina - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pesantren diidealisasikan sebagai lembaga pendidikan yang dapat melindungi anak-anak dan remaja dari pengaruh-pengaruh negatif. Pesantren mewajibkan serta menuntut remaja untuk menyesuaikan diri terhadap segala peraturan yang ditetapkan pihak pesantren. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi penyesuaian diri adalah kematangan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri pada remaja di pesantren Banda Aceh. Penelitian ini melibatkan 212 remaja di pesantren Banda Aceh yang dipilih dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Kematangan Emosi yang di susun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Singh dan Bhargava (dalam Ansari, 2015) dengan koefisien reliabilitas 0,781 dan Skala Penyesuaian Diri yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Haber dan Runyon (1984) dengan koefisien reliabilitas 0,768. Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,592 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis yang diajukan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri pada remaja di pesantren Banda Aceh. Artinya, semakin tinggi kematangan emosi maka semakin tinggi penyesuaian diri ataupun sebaliknya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa remaja di pesantren Banda Aceh pada umumnya memiliki kematangan emosi dengan kategori tinggi (95,28%) dan penyesuaian diri juga tergolong dalam kategori yang tinggi (97,16%). Kata Kunci: Kematangan Emosi, Penyesuaian Diri, Remaja di Pesantren

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN PERKAWINAN PADA DEWASA AWAL (Dini Andriani, 2017)

HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KENAKALAN (DELINQUENCY) PADA REMAJA (A. M. Munawwarah, 2015)

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA (SUATU PENELITIAN PADA SANTRI MAS TGK. CHIEK OEMAR DIYAN, ACEH BESAR) (Az. Mawaddah, 2014)

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Sheilla Habinajud, 2016)

HUBUNGAN PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN HARGA DIRI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN 2014 (Muhammad Effendy, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.