Search :

Advance


EKSPLORASI PREDATOR SEBAGAI MUSUH ALAMI SERANGGA HAMA PADA PADI SAWAH DI KABUPATEN ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Ikram Taufik - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Keanekaragaman Predator Sebagai Musuh Alami Serangga Hama Pada Padi Sawah di Kabupaten Aceh Besar M. Ikram Taufik Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh-Indonesia Jln. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3 Kopelma Darussalam, Banda Aceh E-mail : ikram.tfk94@gmail.com, Kode pos 23111 ABSTRAK Pengendalian secara hayati dengan memanfaatkan musuh alami khususnya predator menjadi alternatif yang lebih aman dalam mengendalikan serangan hama di persawahan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui keanekaragaman dan kelimpahan jenis musuh alami predator pada ekosistem padi sawah di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pengambilan sampel arthropoda menggunakan net serangga (sweeping net). Lahan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling (ditetapkan secara sengaja) untuk mendapatkan umur tanaman yang seragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah spesies predator paling tinggi ditemukan pada tanaman padi berumur 35 HST yaitu 12 spesies dengan populasi mencapai 752 individu. Keanekaragaman spesies predator tertinggi ditemukan pada wilayah Kecamatan Lembah Seulawah yaitu 12 spesies predator dengan jumlah populasi mencapai 748 individu. Indeks keanekaragaman (H') dan kemerataan (E) spesies predator menunjukkan bahwa pada tanaman padi berumur 35 HST di Kecamatan Blang Bintang memiliki keanekaragaman spesies predator berada pada kategori sedang (H'=1.42) dengan penyebaran sangat stabil (E=1.42), dan Kecamatan Lembah Seulawah memiliki keanekaragaman sedang (H'=1.42) dengan penyebaran lebih stabil (E=0.66). Pada tanaman berumur 55 HST, di Kecamatan Blang Bintang memiliki keanekaragaman yang buruk (H'=0.82) dengan penyebaran cukup stabil (E=0.56), dan Kecamatan Lembah Seulawah memiliki keanekaragaman yang buruk (H'=0.89) dengan penyebaran yang cukup stabil (E=0.56). Spesies predator Agriocnemis femina (Odonata:Coenagrionidae), Tetragnatha maxillosa (Araneae: Tetragnathidae) dan Verania lineata (Coleoptera:Cocinelidae) merupakan spesies yang hampir selalu ditemui di setiap lahan pengambilan sampel. Kata kunci : Arthropoda, Keanekaragaman, Pengendalian hayati, Populasi,

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KERAGAMAN PARASITOID SEBAGAI MUSUH ALAMI HAMA PADA PADI SAWAH DI KABUPATEN ACEH BESAR (Saifullah, 2017)

KEANEKARAGAMAN SERANGGA DI PERKEBUNAN TEMBAKAU (NICOTIANA TABACUM LINNEAUS) KECAMATAN BINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH (Eka Nova Susanti, 2013)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

PERBEDAAN STATUS PENGUASAAN LAHAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERLAKUAN USAHATANI DAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR (IKHSAN, 2015)

ANALISIS MOTIVASI PETANI DALAM BERUSAHATANI PADI SAWAH BERDASARKAN STATUS KEPENGUASAAN LAHAN DI KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (RINALDI MIRZA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.