Search :

Advance


PENGARUH TERAPI MUROTTAL AL-QUR'AN TERHADAP PENURUNAN STRES PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kastrun Nabila - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Penyakit ginjal kronik (PGK) stadium 5 merupakan penyakit terminal dan membutuhkan dialisis. Pasien penyakit kronik atau penyakit terminal akan mengalami gangguan psikologis berupa stres. Mekanisme koping dapat menurunkan stres salah satunya dengan terapi relaksasi melalui murottal Al-qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi murottal Al-qur’an terhadap penurunan stres pada pasien PGK yang menjalani hemodialisis (HD) di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah analitik eksperimen dengan rancangan pre eksperimental menggunakan one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien PGK stadium 5 yang menjalani HD diambil secara total sampling sebanyak 35 pasien. Data yang diambil adalah skor stres pasien sebelum dan sesudah mendengarkan murottal Al-qur’an dari mp3 player dengan menggunakan kuisioner DASS 42. Pasien terdiri dari 18 orang (51,4%) laki-laki dan 17 orang (48,6%) perempuan. Gambaran stres sebelum mendengarkan murottal Al-qur’an didapatkan stres ringan sebanyak 6 orang (17,1%), stres sedang sebanyak 7 orang (20,0%), stres berat sebanyak 4 orang (11,4 %), dan yang tidak mengalami stres 18 orang (51,4%). Setelah mendengarkan murottal Al-qur’an didapatkan stres ringan 2 orang (5,7%) dan sebagian besar menjadi tidak stres yaitu 33 orang (94,3%). Dengan menggunakan uji wilcoxon didapatkan nilai p sebesar 0,000 (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH USIA TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nia Wahyuni Harti, 2016)

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN (Raudhatul Jannah, 2016)

HUBUNGAN LAMA TERAPI HEMODIALISIS PADA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK (PGK) NONDIABETIK DENGAN KEJADIAN RESTLESS LEGS SYNDROME (Alfin Radhian, 2015)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN DERAJAT PRURITUS UREMIK PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK STADIUM 5 DI RSUDZA BANDA ACEH (Idal Fitri Mareta, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.