Search :

Advance


OPTIMASI PRODUKSI KOPI ROBUSTA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINEAR PROGRAMMING (STUDI KASUS: PT. ULEE KARENG COFFEE)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku M Hadi Fs - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Industri kopi di Aceh saat ini berkembang dengan sangat pesat seiring dengan banyaknya peminat kopi. Kondisi ini menjadikan Aceh sebagai salah satu produsen kopi terbesar di Indonesia, baik kopi jenis Arabika maupun Robusta. PT. Ulee Kareng Coffee adalah salah satu produsen kopi yang memproduksi kopi Arabika dan kopi Robusta. Pada penelitian ini, dilakukan optimasi terhadap produksi kopi Robusta kemasan 1 kg di PT. Ulee Kareng Coffee yang memiliki variasi produk lebih dari dua jenis dengan menggunakan Metode Simpleks. Metode Simpleks merupakan metode Linear Programming yang dapat digunakan apabila variabel terdiri lebih dari dua. Studi kasus pada penelitian ini adalah proses produksi kopi kemasan 1 kg yang dilakukan kurang sesuai dengan waktu proses produksi maupun waktu proses yang tersedia dan keuntungan masing-masing produk, sehingga produksinya kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasi produksi kopi kemasan 1 kg untuk memaksimalkan keuntungan, dengan demikian PT. Ulee Kareng Coffee dapat mengetahui seberapa banyak produksi kopi yang optimal dan keuntungan yang didapatkan. Hasil perhitungan manual divalidasi menggunakan software POM-QM Versi 3. Dari hasil penelitian, keuntungan maksimal yang diperoleh apabila semua produk kopi Robusta kemasan 1 kg terjual adalah Rp. 3.067.000 dengan jumlah produksi Kopi Warung Organik sebanyak 34 kemasan, Kopi Super sebanyak 28 kemasan, dan Kopi Spesial sebanyak 10 kemasan. Kata kunci : Linear Programming, Metode Simpleks, POM-QM Versi 3, Kopi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KEKASARAN PERMUKAAN ANTARA RESIN AKRILIK HEAT CURED DAN TERMOPLASTIK NILON YANG DIRENDAM DALAM KOPI ULEE KARENG (COFFEA ROBUSTA) (Deliga Serpita, 2016)

ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP MINUMAN KOPI ROBUSTA DI KOTA BANDA ACEH (Cut Vania Utami, 2015)

STUDI PERUBAHAN DIMENSI ANTARA RESIN AKRILIK HEAT CURED DAN TERMOPLASTIK NILON SETELAH PERENDAMAN DALAM LARUTAN KOPI ULEE KARENG ROBUSTA (COFFEA ROBUSTA ) (putri binangsri barus, 2016)

PERKEMBANGAN USAHA BUBUK KOPI MEREK ULEE KARENG DI DESA LAMGAPANG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR, 1960-2015 (Dewi Mentari, 2017)

PENETRASI MINUMAN KOPI ULEE KARENG PADA ELEMEN GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK (Dara Mulyani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.