Search :

Advance


TINJAUAN K3 DAN EFEKTIFITAS ALAT PELINDUNG DIRI PADA PROSES PENAMBANGAN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fisabil Haqqi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Kecelakaan kerja sering terjadi dalam kegiatan penambangan. Kecelakaan kerja dalam kegiatan penambangan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kondisi lapangan yang berbahaya dan prosedur pekerjaan yang tidak sesuai. Kenyataannya, prosedur pekerjaan adalah faktor yang sering diabaikan oleh para pekerja. Prosedur pekerjaan yang sering diabaikan oleh pekerja adalah penggunaan alat pelindung diri. Alat pelindung diri dalam kegiatan penambangan sangat mempengaruhi keselamatan dan kesehatan kerja. Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) adalah suatu pendekatan ilmiah yang sering digunakan dalam mengatasi adanya potensi bahaya dan resiko dalam kegiatan penambangan. Untuk menciptakan suatu keselamatan kerja dapat diraih dengan hal-hal seperti pencegahan kecelakaan, pengawasan terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan, sistem tanda bahaya kecelakaan dalam pertambangan, perlengkapan keselamatan kerja, peningkatan kesadaran terhadap K3, peringatan dan tanda-tanda. Pengukuran kinerja K3 dapat dilakukan dengan menghitung FR (Frequency Rate) dan SR (severity rate). Penggunaan alat pelindung diri adalah cara untuk meminimalkan dampak kecelakaan dalam kegiatan penambangan. Alat pelindung diri merupakan suatu perangkat yang digunakan oleh para tenaga kerja untuk melindungi seluruh bagian tubuhnya terhadap kemungkinan terjadinya bahaya atau kecelakaan kerja. Pada penelitian ini peneliti menggabungkan antara tinjauan pustaka dengan data-data yang terdapat di lapangan sehingga dari keduanya ditemukan pendekatan dalam penyelesaian masalah. Adapun urutan pekerjaan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu studi literatur, observasi lapangan, pengambilan data dan analisa data.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINJAUAN K3 DAN EFEKTIFITAS ALAT PELINDUNG DIRI PADA PROSES PENAMBANGAN (Fisabil Haqqi, 2017)

HUBUNGAN PERAN KELOMPOK REFERENSI DAN SIKAP SISWA TERHADAP PERILAKU PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI BERKENDARAAN PADA SISWA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Fithia Sari, 2015)

PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI OLEH PERAWAT PELAKSANA DI RUANG ISOLASI PENYAKIT PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (TRY IMAIKA, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PEKERJA LAS DENGAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG MATA PADA BENGKEL LAS DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2012 (Rizki Kurniawan, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PERAWAT RNTERHADAP PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI RNRUANG KEMOTERAPI RUMAH SAKIT UMUMDAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FAJARIA MUNIRA HASAN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.