Search :

Advance


PENERAPAN METODE SAVING MATRIX UNTUK MENENTUKAN RUTE KENDARAAN PENDISTRIBUSIAN BANTUAN LOGISTIK KORBAN BENCANA GEMPA BUMI DI KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairunnisak Dara L - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Aceh merupakan wilayah yang rawan bencana alam, salah satunya adalah bencana gempa bumi. Bencana merupakan permasalahan yang komprehensif dan tidak pernah berakhir. Menyikapi bencana yang sering terjadi di Indonesia, pemikiran terhadap penanggulangan bencana harus dipahami dan diimplementasikan oleh semua pihak. Indikator penting dalam keberhasilan suatu sistem penanggulangan bencana adalah sistem logistik bencana. Namun saat ini, sistem logistik bencana tidak berjalan dengan baik karena belum teorganisirnya upaya pendistribusian logistik ke lokasi pengungsian. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan rute kendaraan yang efektif dalam mendistribusikan bantuan logistik untuk korban bencana gempa bumi di Kota Banda Aceh. Penentuan rute kendaraan dilakukan dengan Metode Saving Matrix yang mempertimbangkan jarak tempuh, jumlah kebutuhan logistik dan kapasitas kendaraan. Dengan Metode Saving Matrix ini dihasilkan dua rute kendaraan pendistribusian bantuan logistik untuk 12 lokasi pengungsian di Kota Banda Aceh. Rute 1 terdiri dari 10 lokasi pengungsian dengan total jarak tempuh 47,336 Km dan rute 2 terdiri dari 2 lokasi pengungsian dengan total jarak tempuh 25,131 Km. Dengan adanya rute tersebut diharapkan pendistribusian bantuan logistik untuk korban bencana di Kota Banda Aceh dapat berjalan dengan cepat, tepat, efektif dan efesien. Kata Kunci : Bencana, Bantuan Logistik, Rute Kendaraan, Saving Matrix

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT PUSKESMAS TENTANG KEGAWATDARURATAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI (Cut Hasanuddin, 2015)

EFEKTIVITAS PENERAPAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP KESIAPSIAGAAN KOMUNITAS SMP ISLAM YPUI BANDA ACEH (H A M D A N, 2016)

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LOGISTIK BENCANA PADA DINAS SOSIAL ACEH MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (CI) (Rusdi Agustiar, 2017)

PENENTUAN RUTE OPTIMAL DISTRIBUSI PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA CLARKE AND WRIGHT SAVINGS. (STUDI KASUS: PT BINA USAHA PRATAMA, KAJHU, ACEH BESAR). (Rudi Pramana, 2016)

KAJIAN TINGKAT PENGETAHUAN KEPALA KELUARGA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (fahrevy, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.