Search :

Advance


IMPLEMENTASI KONSEP LEAN PADA INDUSTRI BROWNIES (STUDI KASUS: BROWNIES KUPI ATJEH, LAMPINEUNG- BANDA ACEH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulana Azmi Syahputra - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Lean adalah suatu upaya perbaikan secara terus menerus untuk meningkatkan nilai tambah produk dengan cara menghilangkan pemborosan. Brownies Kupi Atjeh merupakan salah satu industri skala kecil yang memproduksi brownies. Pihak manajemen brownies belum pernah melakukan kegiatan penguraian pemborosan secara detail pada proses produksi brownies. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemborosan pada aktifitas produksi brownis dan memberikan usulan perbaikan untuk pemborosan tersebut. Proses diawali dengan pembentukan current state map untuk mengambarkan kondisi nyata dari proses produksi yang dijalankan oleh perusahaan. Identifikasi pemborosan dilakukan dengan menggunakan Process Activity Mapping dan Demand Activity Amplification Mapping. Pemborosan yang terjadi yaitu waktu menunggu, produksi berlebihan, dan produk reject. Pemborosan yang teridentifikasi selanjutnya dianalisis dengan metode analisis 5 Why. Tindakan perbaikan yang digunakan untuk merancang future state map adalah menghilangkan proses yang tidak bernilai tambah, pengaturan jam kerja pekerja gudang, penambahan pekerja, menyediakan alat takaran khusus, menambahkan arus, menambahkan kipas angin, dan menggabung proses pendinginan. Lead time produksi yang dihasilkan yaitu 166,36 menit, terjadi pengurangan lead time dari 166,36 menit menjadi 109,36 menit. Dapat disimpulkan bahwa konsep lean mampu meminimalisir pemborosan yang terjadi pada Brownies Kupi Atjeh. Kata Kunci : Lean, Pemborosan, Value Stream Mapping, Brownies

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STANDARISASI RESEP BROWNIES KUKUS DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG PISANG OWAK (MUSA PARADISIACA. L) (HELYANTI MUHARRAMAH, 2016)

PENERAPAN KONSEP LEAN SERVICE UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU PELAYANAN PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK (STUDI KASUS : KANTOR CATATAN SIPIL - JANTHO, KAB. ACEH BESAR) (Zulfahmi, 2017)

ANALISIS BAURAN PEMASARAN BUBUK KOPI RNDI KOTA BANDA ACEH (PADA CV. KOPI ULEE KARENG DAN CV. KOPI TENGKU ACEH) (Kemal Riza, 2015)

PENGARUH LOKASI USAHA DAGANG PAKAIAN JADI TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PASAR ATJEH BANDA ACEH (Maulida, 2015)

IDENTIFIKASI DAN MINIMASI TIME WASTE DENGAN PENDEKATAN VALUE STREAM MAPPING DAN OPTIMASI PENJADWALAN MESIN MENGGUNAKAN METODE CDS PADA PROSES PRODUKSI DINING CHAIR (STUDI KASUS : PT.MUTIARA JAYA, ACEH BESAR) (T Meurah Jaril Hilmi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.