//

HUBUNGAN KEKERASAN VERBAL ORANG TUA DENGAN KENAKALAN PADA REMAJA AWAL DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Izzatul Ummi - Personal Name
SubjectJUVENILE DELINQUENCY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Masa remaja awal cenderung mengalami berbagai masalah, baik internal maupun eksternal. Salah satu permasalahan yang sering muncul pada remaja awal adalah perilaku kenakalan. Remaja yang melakukan perilaku kenakalan biasanya berasal dari orang tua dengan pengasuhan dan komunikasi yang tidak efektif, seperti melakukan kekerasan verbal terhadap remaja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kekerasan verbal orang tua dengan kenakalan pada remaja awal di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan teknik multi stage sampling, yaitu cluster sampling dan proportionate stratified random sampling. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 336 remaja awal (59,22% laki-laki dan 40,77% perempuan) di Banda Aceh. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala adaptasi Conflict Tactics Scale Parent-Child (CTSPC) yang disusun oleh Straus dan Field dan Self-Reported Delinquency (SRD) yang disusun oleh Elliott dan Ageton. Hasil analisis data menggunakan teknik analisis data Spearman menunjukkan koefisien korelasi kekerasan verbal ibu dengan kenakalan remaja (r) sebesar 0,425 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05) dan koefisien korelasi kekerasan verbal ayah dengan kenakalan remaja (r) sebesar 0,380 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis yang diajukan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kekerasan verbal orang tua dengan kenakalan pada remaja awal di Banda Aceh. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kekerasan verbal orang tua maka akan semakin tinggi pula kenakalan pada remaja awal dan semakin rendah kekerasan verbal orang tua maka semakin rendah pula kenakalan pada remaja awal. Kata kunci: Kenakalan Remaja, Kekerasan Verbal Orang Tua, Remaja Awal

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUVENILE DELINQUENCY PADA REMAJA DI SMAN 8 BANDA ACEH TAHUN 2012 (anita tiara, 2014)

HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KENAKALAN (DELINQUENCY) PADA REMAJA (A. M. Munawwarah, 2015)

HUBUNGAN VERBAL ABUSE ORANG TUA DENGAN PERILAKU REMAJA DI SMK NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN 2013 (Fhona Nurul Rezky, 2013)

HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN DENGAN KENAKALAN REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (Zuhairah, 2017)

INTENSITAS KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MEMINIMALISIR KENAKALAN REMAJA (STUDI PADA REMAJA SABUNG AYAM DI DESA LUNG IE KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR) (RAUDHATUL HUSNA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy