//

IDENTIFIKASI DAN MINIMASI TIME WASTE DENGAN PENDEKATAN VALUE STREAM MAPPING DAN OPTIMASI PENJADWALAN MESIN MENGGUNAKAN METODE CDS PADA PROSES PRODUKSI DINING CHAIR (STUDI KASUS : PT.MUTIARA JAYA, ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T Meurah Jaril Hilmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

PT. Mutiara Jaya adalah salah satu perusahaan industri yang bergerak di bidang mebel. Pada saat ini yang menjadi salah satu produk andalan dari PT. Mutiara Jaya adalah dining chair. Permasalahan yang sering terjadi pada proses produksi dining chair adalah adanya pemborosan dalam bentuk waktu menganggur dan waktu menunggu. Pemborosan dalam bentuk idle time dan waiting time terjadi karena perusahaan tidak memperhatikan adanya alternatif dalam optimasi penjadwalan mesin dining chair, sehingga menyebabkan penjadwalan mesin menjadi kurang baik. Pada penelitian ini, pengurangan pemborosan dilakukan dengan menggunakan lean manufaktur dan penjadwalan produksi. Dalam konsep lean manufaktur, digunakan value stream mapping (VSM) untuk menggambarkan seluruh aliran nilai dalam proses produksi yang meliputi aliran informasi dan material. Sedangkan penjadwalan mesin digunakan untuk menjadwalkan ulang proses produksi (permesinan) dining chair, salah satunya dengan menggunakan penjadwalan mesin metode CDS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan jadwal proses pemesinan yang mampu mengurangi pemborosan waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan penjadwalan proses produksi dengan menggunakan metode CDS didapatkan waktu penyelesaian produksi yang paling optimal dengan nilai makepsan sebesar 2.064 detik dan mampu mengurangi pemborosan waiting time sebesar 214 detik dan idle time sebesar 1.458 detik untuk setiap unit dining chair yang diproduksi. Kata kunci : Lean Manufaktur, Pemborosan, Value Stream Mapping, Campbell Dudek and Smith, Dining Chair

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MINIMASI WASTE PADA LINI PRODUKSI KORAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING (STUDI KASUS : PT. ACEH MEDIA GRAFIKA, ACEH BESAR) (Rizki Qamariansyah, 2017)

INTEGRASI LEAN DAN GREEN MANUFACTURING PADA PRODUKSI ROTI TAWAR KUPAS (STUDI KASUS: UD. SARIGUT BAKERY) (Syafira Meutia, 2018)

ANALISIS LEAN DAN PENGUKURAN PRODUKTIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVIE MATRIX (OMAX) PADA PROSES PRODUKSI ROTI BANDUNG (STUDI KASUS: UD. SARIGUT BAKERY) ANALISIS LEAN DAN PENGUKURAN PRODUKTIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVIE MATRIX (OMAX) PADA PROSES PRODUKSI ROTI BANDUNG (STUDI KASUS: UD. SARIGUT BAKERY) ANALISIS LEAN DAN PENGUKURAN PRODUKTIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX) PADA PROSES PRODUKSI ROTI BANDUNG (STUDI KASUS: UD. SARIGUT BAKERY) (RAYYA FAJARNA, 2018)

IMPLEMENTASI LEAN MANUFACTURING SEBAGAI UPAYA MEMINIMALKAN WASTE PADA PROSES PRODUKSI PT. DENDENG ACEH GUNUNG SEULAWAH DENGAN MENGGUNAKAN WASTE ASSESMENT MODEL (WAM) DAN VALUE STREAM MAPPING TOOLS (VALSAT) (ANGGITA WIDYASTI, 2017)

IMPLEMENTASI LEAN HEALTHCARE PADA PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Siti Sarah Nadhuha, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy