//

EVALUASI KERUSAKAN JALAN KELAS IIIC PADA JALAN TGK. CHIK BA KURMA, KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ATIKA ANDRIANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ruas Jalan Tgk. Chik Ba Kurma, Meunasah Baktrieng, Cot Irie, merupakan prasarana transportasi bagi masyarakat Kabupaten Aceh Besar, khususnya warga Kecamatan Krueng Barona Jaya ke Darusalam dan sebaliknya. Volume lalu lintas merupakan salah satu penyebab terjadinya kerusakan jalan. Dengan jumlah kendaraan yang semakin bertambah dimungkinkan jalan akan mengalami kerusakan dalam waktu yang relatif pendek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui volume kendaraan pada jam-jam puncak, mengetahui nilai kerusakan jalan aspal yang terjadi pada jalan tersebut, dan untuk mengevaluasi kerusakan pada jalan tersebut. Lingkup penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Tgk. Chik Ba Kurma, Meunasah Baktrieng, Cot Irie, dengan total panjang jalan 3,2 km. Penelitian ini dilakukan dengan metode Bina Marga. Pengambilan data primer dilakukan dalam 3 hari yaitu hari Jumat sampai hari Minggu. Volume kendaraan tertinggi terjadi pada Jumat tanggal 03 Juni 2016 sebesar 466 smp/jam pada jam 08.00-09.00. Komposisi kendaraan yang dominan adalah sepeda motor sebesar 7028, mobil penumpang sebesar 863, pick up sebesar 196, truk T3/4 sebesar 29, bus kecil 12. Jenis kerusakan jalan yang terjadi berupa retak, lubang, amblas, lepas, gelombang dan alur. Luas jalan rusak yang terbesar yaitu kerusakan lepas dengan luas jalan rusak 478,32 m2 dengan nilai Np% sebesar 2,49%. Agar kerusakan pada jalan tersebut tidak semakin parah maka dilakukan dengan membatasi muatan kendaraan yang melewati jalan tersebut. Pemeliharaan jalan harus dilakukan lebih cepat dari waktu yang telah direncanakan sebelumnya, agar kerusakan jalan yang terjadi dapat dikurangi, sehingga biaya untuk perbaikan kerusakan jalan juga lebih sedikit. Kata Kunci : Kerusakan Jalan, metode Bina Marga, Volume kendaraan, nilai Np.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI TERHADAP KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA (STUDI KASUS JALAN TENGKU CHIK BA KURMA, KABUPATEN ACEH BESAR) (Muchtaruddin, 2017)

EVALUASI KERUSAKAN JALAN KELAS IIIC PADA JALAN TGK. CHIK BA KURMA, KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (ATIKA ANDRIANI, 2017)

EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX ( STUDI KASUS RUAS JALAN LAMREUNG GAMPONG MEUNASAH PAPEUN KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR) (Imam Mahyar, 2018)

EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE BINA MARGA ( STUDI KASUS RUAS JALAN LAMREUNG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR) (M. HARI GUNAWAN, 2018)

KONVERSI LAHAN SAWAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRODUKSI PADI DAN POLA KERJA PELAKU KONVERSI DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (cut ardelina miranda, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy