Search :

Advance


STABILISASI KAPUR CA(OH)2 PADA TANAH LEMPUNG EKSPANSIF TERHADAP NILAI FREE SWELLING DAN SWELLING PRESSURE SUBGRADE JALAN RAYA DENGAN MODEL PENYERAPAN AIR SECARA VERTIKAL

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nazirruddin - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

STABILISASI KAPUR Ca(OH)2 PADA TANAH LEMPUNG EKSPANSIF TERHADAP NILAI FREE SWELLING DAN SWELLING PRESSURE SUBGRADE JALAN RAYA DENGAN MODEL PENYERAPAN AIR SECARA VERTIKAL Oleh : Nazirruddin NIM: 1209200060104 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Ir. Munirwansyah,. M.Sc 2. Dr. Renni Anggraini., S.T,. M.Eng ABSTRAK Penelitian ini dilakukan pada jenis tanah lempung ekspansif yang berasal dari Blang Dalam Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya yang merupakan salah satu material timbunan yang digunakan sebagai subgrade jalan. Kontruksi jalan yang memakai tanah lempung ekspansif sebagai tanah dasar ternyata mengalami banyak kerusakan. Adapun kerusakan konstruksi jalan tersebut terjadi disebabkan penurunan daya dukung menjadi rendah ketika mengalami perubahan kadar air, tanah ini mempunyai plastisitas tinggi sehingga mengalami pengembangan serta penyusutan pada saat musim hujan dan musin kemarau. Salah satu usaha stabilisasi tanah lempung ekspansif untuk meningkatkan daya dukung pada tanah ini adalah tanah dengan campuran kapur Ca(OH)¬2 dengan variasi persentase campuran 0%, 3%, 6%, 9% dan 12% kapur dari berat kering tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran kapur tersebut sebagai bahan stabilisasi terhadap perbaikan sifat-sifat fisis dan mekanis. Hasil penelitian tanah asli diperoleh nilai Free Swelling sebesar 1,141% dan Swelling Pressure sebesar 23,18 kPa. Sedangkan hasil pengujian setelah dilakukan stabilisasi dengan variasi campuran kapur 3%, 6%, 9% dan 12% diperoleh nilai Free Swelling sebesar 0,6367%, 0,468%, 0,393%, dan 0,233%. Sedangkan hasil pengujian setelah dilakukan stabilisasi dengan variasi campuran kapur 3%, 6%, 9% dan 12% diperoleh nilai Swelling Pressure sebesar15,44 kPa, 13,25 kPa, 10,51 kPa, dan 9,79 kPa. Dari hasil pengujian tersebut dapat diperoleh bahwa nilai stabilisasi yang baik adalah pada campuran kapur 12 %, nilai Free Swelling dari 1,141% turun menjadi 0,233%. Nilai Swelling Pressure dari 23,18 kPa turun menjadi 9,79 kPa. Kata Kunci : Tanah Ekspansif, Stabilisasi, Pemadatan, Free Swelling, Swelling Pressure .

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERILAKU NILAI CBR TANAH LEMPUNG EKSPANSIF UNTUK SUBGRADE JALAN RAYA(STUDI KASUS STABILISASI TANAH LEMPUNG GLEE GEUNTENGDENGAN KAPUR CA(OH)₂) (Syawal, 2016)

PENGUJIAN SWELLING PRESSURE TERHADAP TANAH LEMPUNG DESA TEUPIEN BATEE KECAMATAN BLANG BINTANG YANG DISTABILISASI DENGAN SERBUK MARMER (irfandi, 2014)

KARAKTERISASI PATI UBI JALAR UNGURNHASIL ESTERIFIKASI MENGGUNAKAN RNOKTANOIL KLORIDA (Uswatun Hasanah , 2015)

ANALISIS PERBANDINGAN KEPADATAN DENGAN METODE STANDARD DAN MODIFIED PROCTOR TERHADAP TANAH DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI KAPUR (FAZAL HURRI IDRIS, 2014)

ANALISIS NILAI CBR UNSOAKED TERHADAP TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI DENGAN ZEOLIT PADA KEPADATAN SISI BASAH (Nasrullah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.