//

PEMILIHAN BUSANA PADA KULIAH UMUM MAHASISWA UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulia Mayangsari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yulia, Mayangsari 2016. Pemilihan Busana Kuliah Umum Pada Mahasiswa Unsyiah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Kelurga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Fikriah Noer, M. Pd. (2) Dra. Irsanti Kata Kunci : Pemilihan,Berbusana, Mahasiswa Pemilihan busana perlu diperhatikan dari segi kesesuaian yang terdapat pada busana dan keserasian dengan bentuk tubuh yang dimiliki, busana diharapkan dapat memperindah sebuah penampilan, menutupi kekurangan-kekurangan, kesopanan, bersikap sopan, menjaga harkat dan martabat sesama mahasiswi, dan warna juga mempunyai peran yang penting karena warna dapat mempengaruhi bentuk tubuh. Sehingga banyak dikalangan mahasiswi memakai busana yang tidak sesuai dengan kesempatan kuliah baik dari pemilihan model, bahan, dan warna busana. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) Pendapat mahasiswi–mahasiswi tentang model busana yang digunakan, pada kesempatan kuliah, dan (2) Hal-hal yang mempengaruhi mahasiswi dalam memilih busana yang digunakan untuk kesempatan kuliah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian 6 (enam) responden dan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan mode yang sangat pesat pengaruhnya terutama dikalangan mahasiswi yang berbusana tidak sesuai dengan kesempatan baik diliat dari segi pemilihan model, bahan, dan warna hal ini karena mahasiswi tidak lagi memperhatikan busana yang dipakai tidak sesuai pada tempatnya. Busana dapa memberikan rasa nyaman, sopa, rapi, sesuai dengan Syariat Islam, tidak menghambat aktivitas perkuliahan, memilih warna juga dapat dipilih dan disesuaikan dengan warna kulit dan keadaan cuaca pada tempat tersebut. Simpulan penelitian ini dari enam responden dalam berbusana pada kesempatan kuliah sebaiknya busana yang dipakai sopan, rapi, nyaman, tidak tranparan dan tidak melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak kampus. Perkembangan mode mengalami kemajuan ikut mempengaruhi gaya berpakain dikalangan mahasiswi. Diharapkan kepada mahasiswi agar menerapkan peraturan dan kesopanan dalam berbusana yang berlaku baik saat berada dilingkungan kampus maupun diluar kampus dan kepada pihak-pihak yang berwenang sebaiknya peraturan tersebut dilakukan, dan bagi mahasiswi yang melanggarnya dapat diberikan hukuman berupa penenguran dan sanksi jika mengulanginya. Berbusana sebaiknya sesuai dengan Syariat Islam yang berlaku di Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KREATIVITAS MAHASISWA TATA BUSANA DALAM PENGGUNAAN BUSANA KULIAH (Yuan Sarrah Baniaji, 2018)

KEMANDIRIAN MAHASISWA DALAM PENGELOLAAN USAHA BUSANA WANITA DI PROGRAM STUDI PKK FKIP UNSYIAH (WIKA PRATIWI, 2016)

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP BUSANA KULIAH MAHASISWA FKIP UNSYIAH (NINA ARI PURNAMA, 2018)

HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJAHIT DENGAN NILAI MATA KULIAH KONSTRUKSI BUSANA WANITA PADA MAHASISWA TATA BUSANA PKK FKIP UNSYIAH (Nurul Shoumi, 2016)

PENERAPAN PENGETAHUAN BERBUSANA DALAM PENAMPILAN DIRI MAHASISWA TATA BUSANA PKK FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (KHAIRINA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy