Search :

Advance


PERAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN NILAI MORAL AGAMA BAGI ANAK DI KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yenni Mulya - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yenni, Mulya. 2016. Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Nilai Moral Agama Bagi Anak Di Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing. (1) Dr. Anizar Ahmad, M. Pd, (2) Dra. Fikriah Noer, M.Pd Kata kunci: nilai moral agama anak, peran orang tua, Moral merupakan budi pekerti, tingkah laku, wawasan dan pengetahuan. Orang tua berperan dalam membina, mendidik agar moral anak berkembang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara orang tua membina nilai moral agama kepada anak dan untuk mengetahui sistem pengawasan orang tua terhadap nilai moral agama anak di Desa Ladong, Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Metode yang di gunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek terdiri atas 5 orang ibu yang mempunyai anak berusia 9 sampai 13 tahun. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan dalam mendidik anak agar menjadi pribadi lebih baik dan memiliki moral agama tinggi. Sejak kecil, anak sudah ditanamkan nilai agama di rumah. Ketika anak memasuki umur diatas 5 tahun orang tua mengantarkan kepengajian, namun ada juga orang tua yang mengantarkannya saat sudah memasuki sekolah dasar. Orang tua menanamkan sikap sopan santun menghargai sesama, tetapi terkadang anak tidak mau menurutinya,hal ini disebabkan pengaruh lingkungan, bila anak tidak menuruti perkataan orang tua, maka orang tua menasehati, memarahi bahkan memukulinya. Bentuk pengawasan terhadap anak, ada di antaranya orang tua memberi kebebasan, memberi kepercayaan, akan tetapi ada orang tua yang mengawasi pergaulan anak. Sebaiknya orang tua, harus menanamkan nilai moral agama sejak anak lahir kedunia. Mendidik anak tidak perlu dengan cara kekerasan melainkan dengan kasih sayang,agar pribadinya berkembang baik, orang tua harus mengawasi kegiatan anak jangan terlalu memberi kebebasan karena anak sangat mudah terpengaruh dengan hal-hal yang bersifat negatif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DARUSSA’ADAH ACEH DALAM USAHA PEMBINAAN MORAL ANAK-ANAK TERLANTAR (Muhammad Multaza, 2016)

POLA PEMBINAAN AGAMA DAN MORAL ANAK DI PANTI ASUHAN ISLAM MEDIA KASIH SEUTUI BANDA ACEH (Sri Rahma Yulis, 2014)

PERAN IMAM MEUNASAH DALAM PEMBINAAN SIKAP MORAL REMAJA (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN KAWAY XVI ACEH BARAT) (Lia Rumarza, 2017)

PEMBINAAN MORAL REMAJA DALAM MENGATASI PENGARUH NEGATIF BUDAYA BARAT DI KOTA SABANGRN(SUATU PENELITIAN DI DESA IBOIH KECAMATAN SUKAKARYA) (mutia, 2014)

PERANAN PESANTREN DALAM PEMBINAAN MORAL SANTRI(SUATU PENELITIAN DI PESANTREN DARUL MUKHLISIN, DESA BURNI JIMET, KEC. BEBESEN KAB. ACEH TENGAH) (Abd. Rahman, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.