Search :

Advance


PERBANDINGAN METODE PENDEKATAN PREDIKSI KUZ-RAM MODEL DENGAN DIGITAL IMAGE ANALYSIS TERHADAP UKURAN FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bella Hazmelia - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Peledakan adalah kegiatan sangat penting dalam pembongkaran batuan di kuari. Tujuan utama dari operasi peledakan adalah pemberaian untuk mendapatkan fragmen-fragmen batuan. Fragmentasi yang dihasilkan akan sangat berpengaruh pada proses penggalian dan pemuatan serta penghancuran material yang terledakkan. Oleh karena itu perlu adanya analisa fragmentasi guna evaluasi terhadap target pencapaian produksi. Dengan teknologi dan informasi yang tersedia era ini perlu adanya metode bantu baik manual maupun komputasi guna mendapatkan hasil perhitungan rancangan peledakan secara mudah dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa distribusi fragmentasi hasil peledakan dengan metode pendekatan prediksi Kuz-Ram model dan analisis citra digital. Lokasi pengamatan pada penelitian ini dilakukan pada lokasi kuari 1 PT. Lafarge Cement Indonesia yang mana perhitungan distribusi ukuran fragmentasi dilakukan secara optikal menggunakan Software Scion Image dan Split Desktop yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi prediksi menggunakan Kuz-Ram model. Fokus penelitian adalah fragmentasi hasil peledakan, dan efisiensi pada distribusi ukuran fragmentasi yang dapat diangkut guna menghindari persentase boulder terlalu besar. Dari hasil analisa yang telah dilakukan, peledakan di kuari 1 tanggal 03, 10, 13, 16, dan 24 Mei 2016 diperoleh P50 scion image lebih kecil daripada P50 split dekstop. Dimana selisih P50 scion image terhadap P50 prediksi fragmentasi tidak lebih dari 10%. Dengan demikian prediksi fragmentasi Kuz-Ram model dapat digunakan untuk merencanakan geometri peledakan. Dan dengan perhitungan korelasi, koefisien baru pada prediksi Kuz-Ram model telah ditetapkan menjadi 1,859x - 23,18 untuk kuari 1 di PT. Lafarge Cement Indonesia. Kata kunci: fragmentasi, optikal, analisis citra digital, boulder, fragmentasi hasil peledakan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI DESAIN PELEDAKAN JENJANG UNTUK MENDAPATKAN FRAGMENTASI DAN BIAYA YANG OPTIMAL DENGAN TEKNIK DIGITAL IMAGE PROCESSING DAN KUZ-RAM MODEL (Titah Yaumil Rizki, 2017)

VALIDASI DISTRIBUSI FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN DENGAN METODE KUZ-RAM DAN SPLIT DESKTOP SOFTWARE PADA PT. LAFARGE HOLCIM, ACEH BESAR (Muhammad Chandra F, 2017)

ANALISIS FRAGMENTASI MENGGUNAKAN IMAGE ANALYSIS PHOTOGRAPHY DAN MODEL KUZ-RAM TERHADAP BATUAN HASIL PELEDAKAN DI PT. HOLCIM INDONESIA, NAROGONG, JAWA BARAT (Iqbal Januari Pratama, 2016)

ANALISIS PREDIKSI FRAGMENTASI PELEDAKAN TAMBANG BAWAH TANAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROCK ENGINEERING SYSTEM (RES) DI TAMBANG CIURUG L 600 PT. ANEKA TAMBANG UBPE PONGKOR, JAWA BARAT. (T. Arief Mulki, 2016)

PERBANDINGAN FRAGMENTASI PELEDAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL DAN IMAGE ANALISIS DI PT SEMEN PADANG (PERSERO) TBK, BUKIT KARANG PUTIH INDARUNG SUMATERA BARAT (M Yudha Kurniawan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.