Search :

Advance


STUDI PEMBUATAN KECAP ASIN DARI AMPAS TAHU DENGAN KOSENTRASI GARAM YANG BERBEDA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Rushariandi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi garam terhadap mutu dari kecap ampas tahu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Non Faktorial, dengan faktor konsentrasi garam (G) yang terdiri atas 4 perlakuan yaitu G1 = 10%, G2 = 15%, G3 = 20% dan G4 = 25%. Ulangan dilakukan sebanyak 4 kali sehingga dihasilkan 16 satuan percobaan. Analisa yang dilakukan pada produk kecap ampas tahu ini meliputi analisis fisikokima dan analisis organoleptik. Analisis fisikokimia meliputi analisis kadar air, analisis protein, analisis kadar abu, analisis kekentalan. Analisis organoleptik yaitu uji hedonik yang meliputi analisis warna, rasa dan aroma.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ampas tahu memiliki kandungan yaitu air 83,59% ± 2,18%, protein 5,37% ± 0,40%, lemak 2,27% ± 0,72%, dan abu 2,19% ± 0,72%. Konsentrasi garam berpengaruh sangat nyata terhadap hedonik warna, aroma, rasa, dan viskositas, berpengaruh nyata terhadap kadar air dan protein terlarut serta berpengaruh tidak nyata terhadap kadar abu kecap ampas tahu yang dihasilkan. Kecap ampas tahu yang dihasilkan memiliki tingkat kesukaan warna, aroma dan rasa yang berbeda, dengan kisaran dari tidak suka sampai netral. Berdasarkan uji hedonik, produk terbaik diperoleh pada perlakuan konsentrasi garam 20% dengan kadar air 14.19%, protein terlarut 3,87%, kadar abu 5.23% dan viskositas yaitu 3.88%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBAIKAN ALIRAN PROSES PRODUKSI MENGGUNAKAN KONSEP LEAN PADA INDUSTRI KECAP ASIN (STUDI KASUS : PT ANEKA GUNA LANGSA) (Ramadhan Teja Kusuma, 2016)

PENGARUH AMPAS TAHU SEBAGAIPAKAN ALTERNATIF DALAM RANSUM TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN AYAM BROILER (novita, 2014)

PEMANFAATAN AMPAS TAHU DAN IKAN TONGKOL SEBAGAI SUBSTITUSI PROTEIN DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG MAIZENA DALAM PEMBUATAN NUGGET (EVA DEWI, 2016)

PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN TEPUNG AMPAS TAHU DAN TEPUNG BERAS MERAH (ORYZA NIVARA) SERTA LAMA FERMENTASI TERHADAP MUTU CRACKERS (Ridwan, 2017)

PEMANFAATAN TEPUNG AMPAS TAHU DAN KARAGENAN PADA PEMBUATAN BAKSO JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEAE) (Lutfi Alvian, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.