Search :

Advance


HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Deni Suryanda - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Suryanda, Deni. 2016. Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Pecahan di Kelas VII MTsN Model Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : Dra. Suryawati, M.Pd (2) Dra. Erni Maidiyah, M.Pd Kata Kunci : hasil belajar, pendekatan saintifik, materi pecahan Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menduduki peranan penting dalam pendidikan. Pembelajaran matematika yang masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang konvensional menyebabkan banyak siswa bersikap pasif karena kesulitan dalam memahami pelajaran, dan hasil belajar siswapun cenderung tidak memuaskan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diamanatkan oleh kurikulum 2013 dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar adalah pendekatan saintifik, pembelajaran saintifik merupakan pembelajaran yang lebih menekankan pada keterampilan proses yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui pendekatan saintifik pada materi pecahan di kelas VII MTsN Model Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimen dengan desain one-shot case study, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Model Banda Aceh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah salah satu kelas yang dipilih secara random, tepatnya kelas VII-5 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian yang dilakukan setelah proses pembelajaran pada materi pecahan. Selanjutnya data tes hasil belajar diolah dengan menggunakan uji-t dan didapat thitung = 2,29. Hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 dan derajat kebebasan dk = 29, didapat ttabel = 1,70. Oleh karena thitung > ttabel atau 2,29 > 1,70. Maka H0 ditolak dan H1 diterima . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mencapai ketuntasan pada materi pecahan melalui pendekatan saintifik di kelas VII MTsN Model Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII-6 MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Rahmi Keumalasari, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII MTSN ULEE GLE KAB.BIREUEN (Nur Afni Zahara, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERISTATISTIKADI KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Rifka Nadia, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM RNASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PECAHANRNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ROZALIA, 2015)

KESALAHAN SISWA MEMAHAMI OPERASI BILANGAN PECAHANRNDI KELAS VII MTSN KUTA BARO ACEH BESARRNTAHUN PELAJARAN 2013 (Azizah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.