Search :

Advance


EVALUASI KINERJA RUAS JALAN T.NYAK ARIEF JEULINGKE TERHADAP PERILAKU PENYEBERANG PEJALAN KAKI

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CHANDRA SILALAHI - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perkembangan suatu kota dampak dari bertambahnya populasi penduduk, sehingga menyebabkan terjadinya ramai pejalan kaki serta populasi kendaraan. Bertambahnya populasi penduduk ini menyebabkan volume lalu lintas meningkat sehingga terjadi kemacetan, munculnya hambatan samping, serta memungkinkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Jalan Teuku Nyak Arief depan SDN 54 Japfa Banda Aceh adalah salah satu jalan yang mengalami peningkatan volume lalu lintas. Jalan ini merupakan jalan tiga lajur satu arah dengan lebar jalan 9,65 m untuk satu arah dan panjang jembatan penyeberangan 28 m dengan median jalan 1,3 m. Di median jalan dibuat pagar dengan tinggi 1 m untuk mengefektifkan fungsi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Sebelah kanan SDN 54 terdapat sebuah halte Trans Koetaradja dan sebuah persimpangan menuju Jalan Prada. Disebelah kiri SDN terdapat beberapa pertokoan dan perkantoran. Adanya SDN, pertokoan, halte Bus, dan perkantoran lalu lintas di jalan ini ramai pejalan kaki serta kendaraan umum yang berhenti di bahu jalan, yang menyebabkan lalu lintas pada jalan ini terganggu. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data primer dan sekunder dan diolah berdasarkan peraturan MKJI 1997 di aplikasi Microsoft Excel. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah JPO digunakan secara optimal oleh siswa saat masuk dan keluar sekolah. Volume lalu lintas, kecepatan dan hambatan samping juga diteliti untuk melihat dampak terhadap kinerja jalan. Penyeberang pejalan kaki sudah menggunakan JPO. Pada Hari Senin 05 September 2016 derajat kejenuhan 0,56, Hari Selasa 06 September 2016 derajat kejenuhan 0,49, Hari Rabu 07 September 2016 derajat kejenuhan 0,52. Derajat Kejenuhan (DS) ≤ 0,75 masih menunjukkan kinerja Jalan Teuku Nyak Arief depan SDN 54 Japfa masih dalam keadaan baik. Kata kunci: Kapasitas Jalan, Derajat Kejenuhan, Kinerja Jalan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEBUTUHAN FASILITAS PENYEBERANGAN PADA RUAS JALAN DIPONEGORO PASAR ATJEH KOTA BANDA ACEH (Aulia Rahmat, 2015)

ANALISIS KINERJA JALAN AKIBAT PENGARUH HAMBATAN SAMPING DI JALAN DIPONEGORO KOTA BANDA ACEH (Caesar Dinata R, 2014)

KAJIAN NILAI EKIVALEN MOBIL PENUMPANG PADA RUAS JALAN PERKOTAAN T.NYAK ARIEF DI JEULINGKE KOTA BANDA ACEH (AL IMAM ASSAUQI, 2015)

ANALISA TINGKAT PELAYANAN JALUR PEDESTRIAN DI JALAN K.H. AHMAD DAHLAN BANDA ACEH (Nuzula, 2014)

ANALISIS KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DAN KINERJA RUAS JALAN DI KAWASAN PERKANTORAN (STUDI KASUS KANTOR DINAS PENDAPATAN DAN KEKAYAAN ACEH (DPKA) DAN DINAS KEUANGAN ACEH (DKA) BANDA ACEH) (FAUZANA RUSMAR, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.