Search :

Advance


OPTIMALISASI RANGKAIAN ALAT BONGKAR, ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN BATUGAMPING DI QUARRY SAWANGAN PT SINAR TAMBANG ARTHALESTARI (SEMEN BIMA)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mohd Prieska H A - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

PT Sinar Tambang Arthalestari sebagai pemilik dan produsen Semen Bima mempercayakan penambangan batugamping di Quarry Sawangan kepada PT Bintang Mitra Sejahtera. Batugamping adalah salah satu bahan baku pembuatan semen. Penambangan batugamping dilakukan dengan menggunakan rangkaian peralatan mekanis berupa 3 unit rock breaker, 3 unit excavator dan 9 unit dump truck. Rata-rata produksi harian batugamping sebesar 4.989,59 ton sedangkan target produksi harian batugamping adalah 8.876 ton. Metode optimalisasi diterapkan untuk mencapai target produksi harian berupa optimasi alat bongkar yang menggunakan 3 unit rock breaker dengan efisiensi 51% bekerja selama 12 jam dan dikombinasikan dengan 3 unit Surface Miner SM2200 bekerja selama 8 jam. Optimasi untuk alat muat menggunakan 2 unit Hitachi Zaxis 330 dengan efisiensi 39% dan 2 unit Doosan 340 LCV dengan efisiensi 48%. Optimasi alat angkut tercapai dengan menggunakan 15 unit dump truck berefisiensi 51% yang dapat mengangkut 25 ton per ritasi untuk mencapai target produksi harian. Sehingga dengan kata lain dibutuhkan minimal 4 fleet untuk mencapai target produksi. Hasil produksi batugamping oleh alat bongkar dan 4 fleet bekerja masing-masing mencapai 11.841,03 ton dan 10.182,8 ton. Tinjauan tentang lebar jalan tambang lurus menunjukkan 4 dari 5 jalan dari front kerja menuju hopper sudah memenuhi lebar teoritis sebesar 8,75 meter. Sedangkan tinjauan tentang lebar jalan tikungan memperlihatkan bahwa 3 dari 4 jalan dari front kerja belum memenuhi lebar tikungan teoritis sebesar 13,3 meter dan terdapat 3 segmen jalan tambang yang memiliki kemiringan lebih dari 10%. Kata kunci: rock breaker, surface miner, excavator, dump truck, lebar jalan, grade jalan tambang, optimalisasi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA TAMBANG KUARI BATUGAMPING DENGAN MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN DI PT SINAR TAMBANG ARTHALESTARI, KECAMATAN AJIBARANG, KABUPATEN BANYUMAS, JAWA TENGAH (Muhammad Iqbal, 2017)

KAJIAN TEKNIS JALAN ANGKUT TERHADAP OPTIMALISASI PENCAPAIAN TARGET PRODUKSI BATUGAMPING DI QUARRY SAWANGAN PT. SINAR TAMBANG ARTHALESTARI AJIBARANG BANYUMAS JAWA TENGAH (Risa Hasi Yana, 2017)

PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA PROSES PENAMBANGAN BATUBARA MENGGUNAKAN ALAT GALI MUAT KOMATSU PC 400 DAN ALAT ANGKUT HINO 500 FM 320 PD DI SITE MUARA TIGA BESAR SELATAN PT. BUKIT ASAM, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (Irfan Zuhdiansyah, 2017)

OPTIMASI PRODUKTIVITAS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGANGKUTAN BATUBARA CRUSHED DI PT. MIFA BERSAUDARA, KABUPATEN ACEH BARAT, ACEH (Eka Yulianti, 2016)

OPTIMASI PRODUKTIVITAS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGANGKUTAN BATUBARA CRUSHED DI PT. MIFA BERSAUDARA, KABUPATEN ACEH BARAT, ACEH (Ririn Sundari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.