//

PROTOTIPE PENGENALAN TIPE GOLONGAN DARAH SECARA INVASIVE MENGGUNAKAN OPTOCOUPLER BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328P

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irhami Akbar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Darah manusia memiliki golongan tertentu yaitu golongan darah A, B, AB dan O. Salah satu metode penentuan golongan darah yang umum adalah secara invasive atau mengambil sampel darah dengan cara disuntik atau dilukai pada ujung jari. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan para dokter mendeteksi golongan darah langsung tanpa pencampuran bahan kimia yang umum dilakukan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Optocoupler sebagai alat deteksi yaitu inovasi antara LED infrared yang berfungsi sebagai transmitter dan fotodioda yang berfungsi sebagai receiver untuk mengenali tegangan dari setiap golongan darah manusia sistem ABO secara akurat dan presisi. Tampilan hasil deteksi akan ditampilkan pada layar LCD yang sudah melalui proses coding pada sistem mikrokontroler ATmega328P. Pengujian pada sampel golongan darah A menghasilkan tegangan rata-rata 3.000 V dengan keberhasilan pengujian 50% dari sepuluh kali uji, pengujian pada sampel golongan darah B menghasilkan tegangan rata-rata 3.906 V dengan keberhasilan pengujian 50% dari sepuluh kali uji, pengujian pada sampel golongan darah O menghasilkan tegangan rata-rata 4.018 V dengan keberhasilan pengujian 70% dari sepuluh kali uji dan pengujian pada sampel golongan darah AB menghasilkan tegangan rata-rata 4.270 V dengan keberhasilan pengujian 80% dari sepuluh kali uji. Kata kunci: LED Infrared, Fotodioda, ATmega328P, Golongan Darah, LCD

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN PROTOTIPE KURSI LIGHT FOLLOWER DENGAN PENGATURAN KECEPATAN BERDASARKAN TINGKAT INTENSITAS CAHAYA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328P (HARIS AKBARSYAH, 2016)

PROTOTIPE SISTEM MONITORING DAN PERINGATAN DINI KONDISI TUBUH MANUSIA BERDASARKAN SUHU DAN DENYUT NADI BERBASIS MIKROKONTROLER 328P (Achmi Yuliani, 2018)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PENGENDALI ASAP ROKOK DAN TAMPILAN SUHU RUANGAN TERTUTUP (SMOKING ROOM) BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16 (R.A. Decky Armanda, 2014)

PERANCNGAN ALAT PENYADAP SUARA PADA RUANGAN (Rizki Ananda, 2016)

RANCANG BANGUN SISTEM DATA LOGGER PERGERAKAN RNSEPEDA MOTOR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328P (YANSYAH PUTRA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy